Latest Updates

wisata di Rumah seni


RUMAH SENI di BOROBUDUR

Rumah seni  itu memiliki keindahan yang berarti bagi setiap orang yang merasakan keindahan. Baik bagi si pemilik rumah itu sendiri atau bagi orang-orang yang bermain untuk menikmati keindahan rumah tersebut. Seni sendiri diartikan sebagai keindahan / sebuah ilmu yang mempelajari tentang keindahan .

  
   Seni menurut para seniman itu mempunyai arti yang macam-macam, tidak hanya pada keindahan , tapi lebih dari sekedar  estetika. Dengan kata lain rumah yang bersih dan nampak indah  itu  bias dikatakan sebagai rumah seni. Dan yang lebih pas lagi, ada beberapa tambahan yang khas dan Nampak ‘’ wow ‘’ dalam tatanan rumah seni. Yakni mencakup beberapa elemen dalam susunan bangunan, ruangan, halaman dan semua bagian dari rumah itu sendiri.
   
   Di salah satu rumah di daerah Borobudur, ada contoh bagus untuk dijadikan figure  sebagai ruah seni. Nampak dari view ketika mendekati rumah itu ‘’ gerbang masuk ke komplek rumah itu dihiasi dengan hiasan patung Naga yang terukir rapi dan dipasang secara pas dengan dua pasangnya, seakan member kesan menyambut tamu dengan ekspresi. Kemudian dilanjut dengan halaman rumah tersebut dengan taman yang bersih.
  Terdapat dua beberapa pembagian khusus beberapa sub halaman yang membentuk halam utama. Salah satu sub dari halaman tersebut, ada bagian halama yang khusus untuk penempatan patung yang ditaruh agak ke ujung dan ada juga yang sengaja di aruh di tengah karena bentuk patung secara artistic pas untuk diletakkan di tengah.

  Untuk yang kedua halaman-halaman pada bagian sub utama tersebut ber-alaskan rumput yang bersih seperti taman. Dan untuk tempat-tempat duduk yang ditaruhkan di taman tersebut terbuat dari batu yang membentuk meja dan membentuk kursi. Beberapa batu yang membentuk kursi dan meja tersebut memang ada yang sengaja dibentuk oleh seniman tesebut tapi ada juga yang terbentuk secara alami karena bentuk dari batu tersebut agak menyerupai bentuk meja atau kursi, akan tetapi tetap pas ketika disusun menjadi meja.
  
   
Sudut depan ruangan kedua dari halaman tersebut sengaja tanpa ber-alaskan rumput agar Nampak berbeda dengan halaman yang satunya. Di sudut ruangan halaman ini juga di letakkan beberapa meja dan kursi yang terbuat dari kayu, Nampak unik sekali ‘’kayu-kayu tersebut tidaklah bukan hasil dari pengrajin kayu, akan tetapi bentuk kayu dan akar yang apa adanya kemudian disusun layaknya meja dan kursi’’. Seperti café bukan anda rasa, boleh-boleh saja anda menyimpulkan seperti itu.  Kalau anda tertarik untuk membuat café barangkali ini bias dijadikan sample yang cocok.
   
   Bagian halaman yang terakhir adalah pada bagian ujung depan yang Nampak mepet, bagian ini diletakkan beberapa bunga dan tanaman hias yang terbingkai dengan susunan batu memanjang yang tertancap kedalam tanah sehingga embrikan kesan alami.
  
   Nah ini dia, yang memberikan kesan rumah berkesan seni. Dari tadi rasanya kita membahas yang luar terus ya, alias membahas bagian-bagian halaman. Sebenarnya masih ada lagi bagian depan yang akan memberikan kesan indah dan tidak perlu biaya mahal. Mau tahu, cuku dengan menambahkan kolam kecil yang ditengahnya ditambahkan patung hias. Untuk patung hias ditengah bisa apa saja itu tergantung dari pemilik rumah, ‘’ ingin menekankan kesan atau obsesi pada hal apa ‘’ . Sebagai contoh pemilik rumah yang menyukai atau terobsesi dengan perjuangan pahlawan. Bisa jadi patung bebrapa pahlawan bisa dijadikan view di tengah-tengah kolam tersebut.
  
     Akan tetapi kolam yang yang Nampak indah nan elegant tersebut perlu memberikan kesan sejuk dan alami, yakni dengan menambahkan beberapa tumbuhan air seperti tumbuhan teratai. Asal kawan-kawan tahu bahwasanya teratai itu akan menambahkan nilai artistic ketika muncul bunganya.

     Kemudian bagi anda yang sangat berjiwa seni tinggi, anda bisa saja meletakkan beberapa hasil karya enah beberapa lukisan atau beberapa hasil karya sendiri, tak perlu kamu yakin itu akan dinilai apa buat orang lain hasil karya kamu itu sudah menampakkan rasa percaya diri kamu terhadap orang lain. Sebagai contoh nih, rumah pak soni ( figure rumah seni ) ada bebrapa patung yang ditaruh di sudut rumah, kemudian ada beberapa lukisan yang menghiasi tembok. Bahkan tempat cuci mukapun dibuat serasa berseni, alias gak seperti pada umumnya. Ada juga sepeda motor kuno yang di jadikan sebagai tembok ? ditaruh di tembok.

 Dan rumah beliapun jugapun  serasa menyeni kawan, hahaha. OK2, kalau kamu pengen memepunyai rumah yang bersih dan indah, coba saja kamu sempatkan untuk bermain di rumah-rumah seni. Di Daerah Borobudur ada beberapa rumah seni yang bisa kamu kunjungi. Dan itu akan menambah wawasan kamu aka arti keindahan sekalipun kamu bukan orang yang bergelut di bidang seni, itu juga gak apa-apa alias ‘’ No problem ‘’.

  Lalu apa sih hubunganya dengan beberapa keterangan tentang mendekorasi rumah, halaman dan ruangan depan hingga belakang ala seniman ( pak Soni ) tersebut. Dengan demikian, kita justru akan belajar akan cara memperindah rumah, mendekorasi secara baik. Karena kita bisa belajar sambil ber-wisata dengan gaya rumah demikian.

Yuk ambil week end kamu bersama Lensa Pelancong untuk berlibur, belajar dan bermain . Tidak hanya berwisata di tempat-tempat pada umunya. Wisata bareng Lensa Pelancong bakalan lebih seru dengan nuansa yang berbeda abizzz.
Happy week end and happy day


0 Response to "wisata di Rumah seni "

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.