Latest Updates

Benteng Marlborough Bengkulu

Benteng Marlborough Bengkulu


Benteng Marlborough

Ada yang sudah melancong ke Benteng Marlborough ? 


Benteng Marlborough terletak tidak jauh dari Monumen Thomas Parr di ujung Jl. Ahmad Yani. Pada tahun 1719, Benteng Marlborough menjadi pusat kedudukan tentara Inggris di Bengkulu. Benteng berbentuk segi-empat dengan ukuran panjang 240 meter dan lebar 170 meter ini didirikan oleh The British East India Company pada tahun 1713 dan selesai pada 1719.

  Marlborough dibangun untuk menggantikan benteng di dekatnya yang ada sebelumnya bernama Fort York, namun benteng Fort York ini sekarang sudah tidak terlihat lagi bentuknya kecuali hanya sisa-sisa fondasinya saja yang masih ada.

  Benteng Marlborough pernah diserang dan jatuh dua kali ke tangan para penyerangnya, pertama pada tahun 1719 oleh armada angkatan laut Perancisyang kebetulan lewat di perairan Bengkulu. Pada tahun 1825 benteng ini digunakan oleh Belanda hingga kedatangan Jepang pada tahun 1942. Di sini terdapat ruang tahanan Presiden Soekarno ketika ia pertama kali tiba di Bengkulu dalam pembuangan sebelum dipindahkan ke sebuah rumah di pusat Kota Bengkulu.

  Nah, saat ini Benteng Marlborough telah dijadikan museum yang terbuka untuk umum. Museum kecil ini memiliki koleksi antara lain benda-benda ukiran tua dan salinan surat-surat dari masa pemerintahan Inggris.




Informasi Pariwisata Nusantara Book,
1001malam.com, foto


''Setelah membaca ulasan singkat tentang Benteng Marlborough, apa Komentar kamu ?''

0 Response to "Benteng Marlborough Bengkulu"

Post a Comment

Powered by Blogger.