Latest Updates

Bukit Punthuk Setumbu | Borobudur, Magelang

Bukit Punthuk Setumbu | Borobudur, Magelang
by : Admin

Punthuk Setumbu, via : @kura_ijo 
Ada yang pernah berkunjung ke Bukit Punthuk Setumbu ? ada yang barangkali sudah, dan ada juga yang belum pernah kesana. Anda tentunya bisa kaget dengan salah satu fenomena alam yang memukau di Bukit unik di salah satu daerah di Desa Borobudur, Magelang ini. Apa sih yang unik dan keren dengan Bukit Punthuk Setumbu ini sehingga ketika para wisatawan yang hendak bepergian ke Borobudur, penasaran untuk menyaksikan fenomena alam di Bukit Punthuk Setumbu ?

  Bukit Punthuk Setumbu adalah salah satu bukit kecil dan lumayan agak tinggi di sekitaran Borobudur. Bukit ini terletak di Desa Karangrejo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Akan tetapi, anda akan lebih mudah menemukan Bukit ini dengan cara mudah '' Bertanya kepada orang, atau melihat papan yang bertuliskan Borobudur Nirwana Sunrise Punthuk Setumbu '' .

  Bukit Punthuk Setumbu terletak di Koordinat GPS S7''36'25.5''E110''10'39'' ( lihat pada peta ). Yah, lumayan tinggi sedikit kan, Bukit ini terletak di 3 / 4 km an dari Candi Borobudur, Magelang.

   APA SIH YANG MEMBUAT BUKIT PUNTHUK SETUMBU KEREN ?

Sebenarnya hal yang paling menarik dan keren ketika ada pengujung mengunjungi salah satu spot alam di Borobudur ini. Yakni sebuah pesona sunrise yang bisa disaksikan di Pagi hari. Untuk menyaksikan sunrise di Bukit ini, kamu harus tiba di sekitaran Borobudur waktu pagi hari sekitaran jam 05:00 wib.

  Kemudian, kamu akan mencari tahu dimana letak Bukit Punthuk Setumbu ? dengan bepergian bersama Guide Candi Borobudur, kamu akan dengan mudah dipandu menuju ke Punthuk Setumbu. Kalau anda sedang tidak bersama Guide, ada juga cara terbaik dengan bertanya kepada orang '' dimana letak Punthuk Setumbu '' kepada orang lokal.

  Biasanya juga sih, travel yang membawa anda sudah paham betul dimana letak Bukit ini. So, kamu akan tiba di Puncak dengan fine dan Nice.

SEBERAPA JAUH BUKIT PUNTHUK SETUMBU DENGAN CANDI BOROBUDUR ?

Tidak cukup jauh kok dari Candi Borobudur, dari wisata Dunia ini kamu bisa keluar komplek menuju ke pedesaan ke arah barat kemudian dengan mudah anda akan menemukan dusun Bumisegoro, dusun Maitan atau desa Brongsongan. Desa-desa di Borobudur ini akan menggiring kamu menuju ke desa Karangrejo, desa dimana Bukit Punthuk Setumbu ini berada.

WAKTU PAS BERKUNJUNG KE PUNTHUK SETUMBU ?

Datanglah di waktu pagi hari sebelum Matahari terbit. Kalau kamu bersama seorang pemandu wisata, maka akan dengan mudah kamu tiba di Puncak Bukit sebelum matahari terbit. Kalau kami bepergian tanpa pemandu, akan lebih baiknya jika anda tiba di daerah Borobudur pukul 05:00, kemudian anda bisa menuju ke lokasi pos sekitar jam 05:30 an atau kurang. Itu akan lebih baik, soalnya siluet Candi Borobudur dari Punthuk Setumbu akan tampak seperti tertutup kabut nan elok.

  Solusi lain agar tidak terlambat, yakni dengan menginap dulu di penginapan sekitar Borobudur. Untuk yang biaya sedang bisa ke Hotel Larasati atau Hotel Manohara. Untuk biaya cukup murah, anda bisa mencari homestay di sekitaran Borobudur.

SIAPAKAH WISATAWAN DI BUKIT PUNTHUK SETUMBU ?

Wisatawan tak hanya dari domestik saja yang doyan dengan berburu sunrise di pagi hari, banyak sekali para wisatawan dari mancanegara yang berburu sunrise dan view menarik dari Candi Borobudur dari sebuah ketinggian di Puncak Bukit Punthuk Setumbu Borobudur, Magelang.


ADA GAK AKUN FACEBOOK PUNTHUK SETUMBU ?

Anda bisa menghubungi akun Facebook yang berhubungan langsung dengan wisata alam ini. Link ini barangkali bisa bermanfaat untuk anda, dan anda bisa mengajukan pertanyaan dan saran at Punthuk Setumbu Nirwana Sunrise.


SIAPAKAH PENGELOLA PUNTHUK SETUMBU ?

Wahana wisata alam berupa bukit (alam ) di Borobudur ini dikelola oleh warga dengan kesadaran bersama akan potensi wisata alam yang memukau. Mereka menyediakan beberapa penginapan yang khas daerah berupa rumah tradisional nan sederhana yang bisa wisatawan gunakan untuk mengantisipasi kesiangan dalam berburu sunrise.


BERAPA TIKET KE BUKIT PUNTHUK SETUMBU ?

Tiket masuk : Rp. 15.000,-
Fasilitas       : Senter & minuman hangat ( kopi / teh )


SIAPAKAH YANG DAPAT EMNGUNJUNGI BUKIT PUNTHUK SETUMBU ?

Semua orang berhak menikmati wisata alam ( Bukit Punthuk Setumbu ) dengan tanpa terkecuali, asalkan menjaga nama baik, dan menjaga keamanan serta tidak merusak terhadap alam yang ada dan cinta terhadap alam serta warisan.






Posted by : Admin
foto          : pages Punthuk Setumbu Nirwana Sunrise ( Facebook Pages )

'' Setelah membaca ulasan singkat tentang Bukit Punthuk Setumbu | Borobudur, Magelang, apa pendapat dan komentar anda ? '' 










0 Response to "Bukit Punthuk Setumbu | Borobudur, Magelang"

Post a Comment

Powered by Blogger.