Latest Updates

Lawang Sewu Semarang, Wisata Gedung / Bangunan bersejarah Kota Semarang

Lawang Sewu terletak di Kota Semarang, maka terkadang orang menyebut Lawang Sewu Semarang. Ini adalah ikon wisata andalan Kota Semarang yang terkenal untuk warga Semarang atau bagi mereka yang suka melancongan ke Kota Semarang.

  Nah, menurut versi Buku '' Ayo Wisata ke Semarang '' disebutkan bahwasanya Lawang Sewu Semarang merupakan sebuah gedung di Semarang, Jawa Tengah yang merupakan kantor dari Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij atau NIS.

  Dibangun pada 1904 dan selesai pada tahun 1907 hingga saat ini tetap membuat gedung tua Lawang Sewu Semarang ini berdiri kokoh. Sering karena dibilang bengunan tua, terkadang orang bilang '' eh, angker loh Wisata Lawang Sewu yang ada ada di Semarang, Jawa Tengah itu '' ya anda boleh percaya atau tidak.

  Gedung Lawang Sewu terletak di bundaran Tugu Muda yang dulu disebut Wilhelminaplein, Tugu Muda ini juga merupakan ikon wisata kota Semarang yang terkenal. Bangunan kuno dan Megah berlantai dua ini ( Lawang Sewu ) setelah kemerdekaan dipakai sebagai kantor Djawatan Kereta Api Repoeblik Indonesia ( DKARI ) atau Sekarang PT. Kereta Api Indonesia.

  Selain itu pula Gedung Tua Lawang Sewu Semarang pernah dipakai sebagai Kantor Badan Prasarana Komando Daerah Militer ( Kodam IV Diponegoro ) dan Kantor Wilayah ( Kanwil ) Kementrian Perhubungan Jawa Tengah, kalau sekarang jadi Ikon Wisata di Kota Semarang ya.

  Pada Masa Perjuangan, gedung Lawang Sewu memiliki catatan sejarah tersendiri yaitu ketika berlangsung peristiwa pertempuran lima hari di Semarang ( 14 oktober - 19 oktober 1945 ).

  Gedung Tua ini menjadi lokasi pertempuran yang hebat antara pemuda AMKA atau Angkatan Muda Kereta Api melawan Kempetai dan Kidobutai, Jepang. Pemerintah Kota Semarang memasukkan Lawang Sewu sebagai salah satu dari bangunan kuno bersejarah di Kota Semarang yang patut dilindungi.



 Nah itu dia sekilas Lawang Sewu sebagai ikon Wisata Bangunan Bersejarah di Kota Semarang, bagaimana pendapat anda tentang Lawang Sewu Semarang. Tertarik buat mengunjungi ?


Posted by : Admin
credit : Guide book of Semarang Tourism, Ayo Wisata ke Semarang
ilovesemarang.com, foto




0 Response to "Lawang Sewu Semarang, Wisata Gedung / Bangunan bersejarah Kota Semarang"

Post a Comment

Powered by Blogger.