Latest Updates

Magelang Night Carnival 2013 ( MNC ), Bakal Dimeriahkan 60 Kelompok Seniman

Magelang Night Carnival 2013 ( MNC ), Bakal Dimeriahkan 60 Kelompok Seniman
Magelang, Lensa - Dalam rangka Menyemarakkan Ulang tahun Magelang yang ke-1107 kota Magelang, kali ini di Awal Bulan Juni akan diadakan Magelang Night Carnival.

  Magelang Night Carnival atau MNC adalah serangkaian acara perayaan Hari Jadi Kota Magelang, yang akan dilaksanakan pada 1 Juni 2013 di Alun-alun Kota Magelang.

  Kata Jimmy, Panitia MNC, event ini akan dimeriahkan beberapa Kelompok seni dari beberapa Seniman dan elemen Masyarakat Kabupaten Magelang / Kota, Temanggung dan Salatiga. Acara ini akanpuku dimulai pada pukul 18:00 sampai 01:00 wib dini hari.

  Yuk, dateng di Magelang Night Carnival, bakalan Seru dan Rame Loh..



Reported by : @seputar_Mgl

Daftar Restoran / Rumah Makan di Cilacap dan Nomor Teleponnya

Daftar Restoran / Rumah Makan di Cilacap dan Nomor Teleponnya
Daftar Restoran / Rumah Makan di Cilacap dan Nomor Teleponnya


Sahabat, Jl. Mayjend. Sutoyo 79 Cilacap. 0282-534195

Prapatan, Jl. Jend. A. Yani 62 Cilacap, 0282-534180

Grand, Jl. Dr. Wahidin No. 15 Cilacap. 0282-533381

Nusantara, Jl. Dr. Sutomo 31 Cilacap. 0282-531767

Pringsewu, Jl. Raya Banjar-Majenang Km. 10 . 0811287097

Ikan Bakar Sinar Laut, Jl. Pasir Mas Komp. THR Teluk Penyu Cilacap. 0282-533054

Ikan Bakar Panorama, Jl. Pasir Mas Komp. Teluk Penyu Cilacap. 081548846508

Ikan Bakar 70, Jl. Pasir Mas Komp. THR. Teluk Penyu Cilacap. 08122767170

Mekar Sari, Jl. Gatot Subroto 135 Cilacap. 0282-541674

Sidoroso, Jl. Rinjani No. 47 A. Cilacap. 0282-548027

Pedang Andalas, Jl. Kauman 22 Cilacap. 0282-533486

New To Joyo, Jl. S. Parman No. 38 Cilacap . 0282-533095




Source of Central Java Tourism Book Guide

Pemandian Kalianget, Manggisan Wonosobo



Wonosobo terkenal potensi akan wisatanya dan kaya akan budaya daerahnya. Selain itu juga, Wonosobo yang terkanal Wisata Dataran Tinggi Dieng, membuat kota ini terkenal di Jawa Tengah.

  Di Wonosobo kamu akan menjumpai sebuah pemandian air panas Kalianget Manggisan. Pemandian ini cukup terkenal di Wonosobo, dalam sehari pengunjungnya bisa mencapai 160 orang. Cukup banyak kan ? dibanding dengan pemandian air panas pada umumnya.

  Dulunya pemandian ini adalah proyek dari Dieng Jaya yang ingin mendapatkan sumber air bersih, tapi karena terlalu dalam, alhasil didapatlah sebuah sumber mata air panas yang berguna bagi masyarakat.

  Pemandian ini terletak di Dusun Manggisan, Desa Mudal, Kecamatan Mojotengah, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Anda bisa berkunjung kesana pada jam buka, mulai pagi 06:00 sampai 02:00 malam hari. Tenang aja, wisata ini gratis untuk dikunjungi, barangkali anda akan dikenakan tarif parkir dan sewa Celana Mandi saja.



posted by : Admin

Jalur Alternatif Wonosobo-Loano, Purworejo Terhambat Karena Longsor

Wonosobo - Jalan-jalan ke Wonosobo menyenangkan. Akan tetapi kayaknya kawan-kawan harus waspada dengan segala hal yang merintangi perjalanan.

  Rabu, (29/5/2013) jalan alternatif Wonosobo-Loano agaknya terhambat karena ada longsor yang lumayan panjang di Burat, Wonosobo.

  Untuk menjaga keamanan dan kenyamanan berkendara, petugas membersihkan longsor dengan alat-alat berat yang ada. Dan untuk kendaraan bermotor di alihkan ke jalur kecil ( keluar jalur alternatif ).

  '' Sebetulnya kami memilih jalur alternatif ini, karena kami menghindari jalur Sapuran ke Arah Kaliabu yang lumayan rusak dan sempat membuat ban sepeda motor kami rusak,'' kata Irham, Pelancong Wisata Wonosobo.

  Nah, Mudah-mudahan kedepanya jalan-ajaln ini akan ada perbaikan dan perhatian baik dari publik dan pemerintah setempat.





Reported by : Habibi, Magelang

Gerobak Mie Ongklok Wonosobo, ( Wisata Kuliner Wonosobo )

Wonosobo, Wisata Kuliner - Jalan-jalan ke Wonosobo hal yang menyenangkan. Kota ini terkenal dengan Wisata alamnya yang memukau. Seperti wisata kawah, dataran tinggi Dieng, Telaga Warna dan masih banyak lainya.

  Berbicara wisata, kayaknya ada yang kurang jika belum mendengar 'kuliner-nya' . Apa sih kuliner dari wonosobo yang terkenal ?.

  Tour d'Lensa kemarin Selasa, (28/5/2013) kami mencoba untuk menengok Kuliner terkenal di Wonosobo, yakni Mie Ongklok.

  Nah, tahu gak, ini dia foto gerobak yang dapat kami hadirkan. Kenapa ? tour kemarin hujan deres banget.

 Oke kawan, tetap stay di Lensa Pelancong.




posted by : Admin

Cara Mengembangkan Potensi Wisata Daerah

Cara Mengembangkan Potensi Wisata Daerah
Setiap daerah pasti mempunyai potensi wisata yang ada. Bahkan tak hanya itu saja, potensi alam, budaya, kesenian dan sebuah peninggalan terkadang perlu kita perhatikan, seiring karena hal-ha tersebut saling melengkapi elemen dalam wisata.


  Membiarkan saja, itu tidak akan berarti akan membuat sebuah perubahan. Dan dari itu bagaimana sih, cara-cara mengembangkan Potensi Wisata Daerah :



1. Mengenali dulu potensi yang ada secara bersama

2. Mengajak ( seluruh anggota / warga ) agar mereka sadar akan potensi yang mereka punyai

3. Mengkomunikasikan dengan beberapa pihak terkait

4. Mempublikasikan baik secara langsung ataupun dengan media

5. Pengelolaan dan management oleh orang-orang yang memahami / sadar akan kebutuhan  wisata

6. Melakukan monitoring terhadap segala sesuatunya



Nah, itu dia sebuah cara untuk mengembangkan potensi wisata daerah, berdasarkan ''quot dari para pendiri wisata daerah ''. Semoga bisa menjadi acuan yang bermanfaat.




kirim artikel & foto potensi wisata di daerahmu di : Lensapelancong@gmail.com

Event Magelang Mei, Pementasan Hanacaraka ( Maca Kahanan Jaman )



'' HANACARAKA ''
Maca Kahanan Jaman for Dialog dan Apresiasi Seni



Performance art : --->

Musik Wani ( Semarang )
Nuryadi Monox ( Pantomim-Borobudur )
Bambang Eka P ( Puisi-Magelang )
Timur Budi Raja ( Musik Puisi Madura )
Ahmad Daladi ( Geguritan Muntilan )
Adakalanya ( Jogja )
Pieu Kamprettu ( Painting Performance-Magelang )







Lokasi : Pelataran Omah Watujowo, Ngaran Ngisor, Borobudur, Magelang
Tanggal : Jum'at, 31 mei 2013
pukul : 19:00 wib
cp      : 085640730033 ( Aning )
            087745457778 ( Andre )



nb : acara diselenggarakan untuk umum & gratis





Wisata Erupsi Gunung Merapi by Jeep

   


Yuhuuuuuu ....Merapi, kalian tau dong gunung merapi ? tepatnya di daerah Kaliurang Jogjakarta. Nah, kalau lagi berlibur ke Jogjakarta, sempetin nih waktu kalian untuk mampir ke Gunung Merapi .




    Perjalanan kurang lebih 1 jam dari Malioboro untuk sampai ke sana. Dijamin gak nyesel deh !!! disana, kalian bisa melihat erupsi Merapi di tahun 2010. Bersejarah banget guys ! ada museum-museum erupsi merapi ditahun 2010.
    
   Kalian juga bisa lihat gunungan pasir lahar panas dengan menggunakan jeep. Hanya dengan mengeluarkan budget 250rb untuk mengelilingi gunungan pasir perjalanan 10 km menggunakan jeep yang bermuatan 6 orang. yuhuuuuuuu hard trip guys dengan jalan yg berbelok-belok dikelilingi oleh pasir pasir lahar panas ! pengalaman banget. Sampai dipuncak, kalian bisa nikmatin  view pegunungan Merapi. Waaahhhh indahnya....

Pasir pasir lahar panas dengan udara yang sejuk menjadi perpaduan yang sangat romantis :). Hihiiii
selamat mencoba ya guys, kayaknya harus liburan tahun ini deh :). 



Kontributed by : @Nakhlaaamir
                          Annisa Saifanakhla Amir, Jakarta



Pelepasan Lampion Waisak Ditiadakan Karena Cuaca

Pelepasan Lampion Waisak Ditiadakan Karena Cuaca
Magelang - Perayaan Waisak adalah sebuah Momentum yang dinanti-nanti oleh Umat Budha dan tentunya juga bagi para wisatawan. Waisak di Borobudur tahun 2013 ini memang bukan pertama kalinya, itu berarti ini sudah menjadi Kalender Event Borobudur yang memukau.

  Tahun 2013 ini, perayaan Waisak sangat meriah sekali, dan cukup menarik perhatian publik yang menjadi penggembira. Selain itu tempat di Candi Borobudur memang membuat daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

  Entah mengapa, penerbangan Lampion yang rencananya akan dilaksanakan pada Sabtu, 25 mei 2013, tidak dapat dilaksanakan. Ya itu dia, karena cuaca yang tidak mendukung.

  Akan tetapi, bukan berarti hal ini akan membuat ''kapok'' justru rasa penasaran mereka untuk melihat Lampion nanti di event Waisak yang kedepan akan diburu lagi.




posted by : Admin

Berlibur ke Pulau Batam ( Batam Island )

Berlibur ke Pulau Batam ( Batam Island )
Batam, d'Lensa - yihaaaaa ..... Batam Island, tepatnya berada di kepulauan Riau. Pulau Batam memiliki jembatan kebanggaan nih guys ! namanya jembatan Barelang. Untuk turis-turis asing / mancanegara, nama tersebut udah gak aneh lagi,
karena jembatan tersebut emang yang paling Cetarr guys di kepulauan batam. Barelang itu adalah singkatan dari nama ke tiga pulau,yaitu Batam, Rempang dan Galang.


  

   Jembatan yang menjadi kebanggaan 3 pulau tersebut dibangun oleh mantan presiden RI yang ke 3 yaitu, bapak BJ.Habibie nih guys pada tahun 1992 dan baru selesai di tahun 1998 dengan menghabiskan dana 400 miliyar . WOOOOW !!!

jadi,kalau kalian mampir ke pulau batam,jangan lupa yaaa untuk ke jembatan Barelang,
kereeeen banget,dijamin gak akan nyesel. karena dari jembatan tersebut, kita bisa lihat view Pulau Batam, Rempang dan Galang .
subhanallah ... indahnya ciptaanmu ya tuhan ..


Kontributed by : Annisa Saifanakhla Amir, Jakatrta
                         +Nakhla Amir  @nakhlaaamir 

kirim kisahmu di : Lensapelancong@gmail.com

Tempat Seru dan Asyik Buat Jalan-jalan di Magelang, disini !

Tempat Seru dan Asyik Buat Jalan-jalan di Magelang

Terlepas dari wisata yang ada dan terdaftar di kota-kota kita, saya mengajak anda untuk melihat ke-elokan dan betapa banyak sekali hal-hal yang menarik dan belum kita ketahui sebelumnya. Semua itu akan mengundang rasa penasaran anda, apa lagi dan dimana lagi yang menarik dan cocok buat di coba.

  Terletak di sebuah pedesaan yang alami, terjaga alam pedesaanya, dengan suasana yang khas dan mempesona. Di sebuah desa-desa yang terletak di Secang di ujung barat, dusun Srawanan, Tanjungsari, Purwo, Troso, Mbutoh menampakkan sebuah pesona khas desa yang perlu kita kunjungi.

  Di waktu pagi hari, kamu berkesempatan melihat eloknya suasana segar nan sejuk pagi hari di persawahan dan sungai-sungai yang segar, nampak para Petani sedang bergegas ke Sawah. Siang hari, dimana para petani beraktifitas, para pemancing ikan di sawah, anak-anak kecil bermain. Sore hari, nampak para penggembala kerbau dan kambing menyapa sore, sinar mentari sore melambai-lambai seluruh hamparan desa.




posted by : Admin

Melancong ke Goa Gong Jawa Timur

PACITAN KOTA 1001 GOA
MELANCONG BERSAMA KPI ’11 KE GOA GONG




SALAM PELANCONG ^_^
Buat nambah keakraban bersama teman-teman, ada kalanya kita harus melancong bareng. Kali ini kami KPI (Komunikasi dan Penyiaran Islam) melancong ke pacitan.
Pacitan adalah kota 1001 Goa, dimana banyak goa yang terdapat di kota Pacitan perbatasan Jogja dengan Jawa Timur. Sangatlah pantas kalo Kota Pacitan mendapat julukan “Kota 1001 Goa”. Karna sangatlah mudah menemukan goa-goa di kota ini. Dan salah satu nya adalah Goa Gong. Goa Gong merupakan andalan Wisata Kota Pacitan. Goa ini merupakan Goa tercantik di Asia Tenggara.
Pemandangan gua yg sangat menajubkan, Staglatit dan Stalagmit yg begitu indah terbentuk secara alami di langit2 dan dasar goa. Banyak sekali aneka ragam stalagtit & stalagmit nya. Pokoknya ga bakal nyesel deh... pasti menganga kalo liat batu-batu indah di dalemnya. Ajiiib Syadaaab ^_^

Foto berpose di Goa Gong bersama kawan-kawan

Foto dinding Goa Gong




Nah, itu dia kisah jalan-jalan melancongan kawan kita di Goa Gong Jawa Timur, nice kan...


Kontributed by : @ratnacuta_cuta


Daftar Restoran / RM di Banyumas Purwokerto dan Nomor Teleponnya

Daftar Restoran / RM di Banyumas Purwokerto dan Nomor Teleponnya
Daftar Restoran / RM di Banyumas Purwokerto dan Nomor Teleponnya



Taman Pringgading, Jl . DI. Panjaitan, Purwokerto 0281-638912

Padang Indonesia, Jl. Overste Isdiman 0281-635100

Cipta Rasa, Jl. Masjid, Purwokerto 0281-632980

Cinta Alam, Jl. Raya Baturaden 0281-681279

Warung Ndeso, Baturaden 0281-681717

Cahaya Mas, Jl. Overste Isdiman, Purwokerto 0281-636081

Banyumas, Jl. Raya Lumbir, Banyumas 0281-796183

Jaya Putra, Jl. Raya Barat Wangon, Banyumas 0281-632188

Padang Sabananyo, Jl. Jend. Sudirman, Purwokerto 0281-625146

Mbok Sarun, Jl. Jend. Sudirman, Purwokerto 0281-636008

Wangon Sari, Jl. Raya Barat Wangon 0281-512878

Sate Banaran, Jl. L. Yos Sudarso, Purwokerto 0281-636750

Wong Solo, Jl. Hr. Bunyamin, Purwokerto 0281-63405

Merah Putih, Jl. Hr. Bunyamin, Purwokerto 0281-632351

Sukorejo, Jl. Jend. Sudirman, Purwokerto 0281-641985

Ayam Goreng, Jl. Overste Isdiman, Purwokerto 0281-621789




Source of Central Java Tourism Book Guide

Wisata Outbound di Umbul Sidomukti, Menantang Banget !



Wisata Semarang cukup banyak sekali kawan yang bisa kita kunjungi, mulai dari yang wisata air, wisata sejarah bahkan wisata alam. Kemudian, wisata mana sih yang lumayan menantang di Semarang ?


   Di daerah Semarang Kabupaten, dan agak menjorok ke arah Ambarawa, ada sebuah kawasan yang cukup ramai untuk dikunjungi wisatawan. Mau tau dimana ? tidak jauh tentunya, anda pasti pernah mendengar nama kecamatan Bandungan.

   Nah ternyata, di Bandungan ini ada sebuah wahana wisata alam yang cukup menarik, mulai dari kolamnya, ke asrian alamnya, bahkan pesonanya.

  Umbul sidomukti, terletak di Desa Sidomukti, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Di sana ada kamu bisa mencoba berenang di kolam air tawar yang sangat jernih. Selain itu juga, kamu bisa mencoba bermain dengan beberapa wahana outbond yang sangat menantang, seperti gambar di atas.

  Yang bikin menantang, anda akan berjalan di jembatan tali di yang terbentang sepanjang 60 m dan di atas sebuah ketinggian 30 dari jurang bawah. Menantang banget kan ?

  Penasaran kayak apa, anda bisa mengaksesnya melalui jalur masuk Babadan-Bandungan, akses masuknya dekat dengan pasar Jimbaran. Dekat dengan lokasi pasar, kamu akan temukan jalur masuk ke Sidomukti. Selamat mencoba.


posted by : Admin
fto by : carantri.blogspot.com

Wisata Kuliner Siang Malam, Mie Ayam Pak Ndut

Wisata, Kuliner - Jalan-jalan ke Magelang, jangan lupa buat jalan-jalan ke Candi Borobudur. Kemudian setelah kamu jalan-jalan ke Candi Borobudur, kamu akan merasakan lapar ?

  Mie Ayam Pak Ndut, salah satu kuliner siang dan malam yang terletak di sekitar Borobudur, Magelang.

   Bagi kamu yang pernah kesana, barangkali sudah bisa mengenali rasanya kayak apa sih ?, harganya berapa sih ? dan ada di mana sih ?.

   Nah, daripada kamu penasaran dengan Kuliner yang satu ini, kamu perlu mencoba datang ke Arah Puskesmas Borobudur. Kenapa ? Mie Ayam Pak Ndut ini terletak di depan Puskesmas Borobudur soalnya. Untuk soal harganya tak usah khawatir, hampir sama dengan yang lain. Dan untuk soal rasa, jangan ditanya.


posted by : Admin
Reported by : Koko Trioko

Waisak di Borobudur 2013 Membuat Borobudur Ramai ?

Waisak di Borobudur 2013 Membuat Borobudur Ramai ?
Magelang, Waisak - Menjelang acara Waisak ini, rupanya Borobudur semakin ramai dan didatangi oleh para wisatawan. Baik wisatawan Mancanegara maupun wisatawan Domestik.

  Dimulai sejak acara pengobatan Walubi yang diselenggarakan pada tanggal 22-23 mei 2013, yang membuat Borobudur nampak ramai. Kemudian para pengunjung pra Waisak yang dengan sudah tiba di Borobudur, mereka mencoba untuk menikmati suasana Borobudur sebelum Waisak.

  Nah, saat ini, para pedagang dari Mendut sampai ke kawasan Wisata Borobudur nampaknya sudah mulai, memasangkan tanda-tandanya yang akan menambah suasana waisak nanti. Terlebih dengan beberapa penginapan di sekitaran Borobudur, Magelang sampai Jogja yang sudah penuh oleh para penginap.

  ''Diperkirakan acara waisak ini akan nampak ramai, hal ini bisa dilihat dari pengunjung Borobudur saat ini yang sudah ramai, dan beberapa wisatawan yang sudah bersiap-siap menyemarakkan Waisak,''menurut Ahmad, pengamat.

  Mudah-mudahan acara ini akan berjalan dengan baik.


posted by : Admin

Track Sepeda Wisata Pertanian Organik Magelang, Akan Segera Hadir

Track Sepeda Wisata Pertanian Organik Magelang, Akan Segera Hadir
Magelang, Wisata Pertanian- Minggu lalu (20/5/2013), kami berkunjung ke sebuah desa di daerah Mungkid, Magelang. Di sana kami bertemu dengan seorang ahli pertanian yang kebetulan juga beliau adalah salah seorang dari perhimpunan pertanian desa setempat yang memiliki banyak andil dalam pertanian.

  Nah, dalam sebuah perbincangan, akan ada sebuah rencana yang sangat ''briliant'' dari pimpinan perhimpunan tani desa tersebut, yakni sebuah rencana pembuatan track wisata desa untuk menunjukkan sebuah view dari pertanian organik, pemandangan Gunung Merapi dan Keindahan Sawah, dengan membuat Rute track sepeda.


  '' Sebentar lagi kami akan membuat track wisata desa dan pertanian, kami sangat optimis akan berhasil, karena bermula dengan sepakatnya seluruh organ dari perhimpunan tani kami, begitu juga dengan step-step awal yang sudah kami buat,'' tutur Danang Arofah, Ahli pertanian.

  Rencana desa yang akan dijadikan sebagai track wisata desa ini adalah di Dusun Karanganyar, Desa Paremono, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Doakan saja ya  kawan, semoga bisa berjalan dengan sukses. Amin..



posted by : Admin
reported by : Cak Aldy

Wisata Seni di Rumah Seni

Pernah ke Rumah Seni belum ?, nah beberapa minggu lalu nih, di awal tahun 2013, kami kawan-kawan d'Lensa mengunjungi sebuah Rumah Seni yang ada di Borobudur, Magelang.


  Rumah Seni atau yang bisa kita kenal Art House mempunyai keunikan tersendiri. Di sana kita dapat belajar tantang dunia senia yang bisa diaplikasikan dalam sebuah tatanan susunan dan tercipta sebuah keindahan Rumah.

  Rumah seni milik Bpak Sony ini unik sekali, selain mempunyai halaman yang cukup luas, letaknya juga membuat kami mengatakan ''wow''. Bisa anda bayangkan, bagaimana sebuah taman dan rumah yang terletak di ujung desa dan di pinggir Sungai, atau di atas Sungai Progo Borobudur.

  Secara persisnya, Rumah Seni Mr. Sony ini terletak di Dusun Mbejen, Desa Tingal, Kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Anda penasaran, yuk coba aja kesana.



posted by : Admin
reported by : Koko Trioko

Wisata Edukasi dan Outbond Magelang, Ada di Desa Bahasa

Wisata Edukasi dan Outbond Magelang


Desa Bahasa adalah sebuah wisata edukasi yang ada di Magelang. Sebuah wisata yang menawarkan pembelajaran yang mudah dan simple dengan di dampingi oleh mentor yang terlatih dan menyenangkan. Apa sih yang diajarkan di Desa Bahasa ini ? mau tahu ? 

  Desa Bahasa, didirikan oleh seorang pendiri Lembaga Pendidikan Bahasa inggris, beliau bernama Mr. Hani Soetrisno. Desa Bahasa ini sudah ada sejak sebelum tahun 2000 silam. Kini beberapa bulan yang lalu, desa bahasa ini telah menobatkan dirinya sebagai pusat edukasi wisata Pembelajaran Bahasa Inggris yang mudah dan menyenangkan.

 Apa sih yang ditawarkan, kok menyenangkan ?, ada pembelajaran bahasa inggris yang langsung praktik dan  dibimbing oleh tentor-tentor yang umurnya masih beliau muda, menarik kan. Selain itu juga agak belajar bahasa Inggris disini enggak boring, ada juga loh, outbond penghilang kepenatan dan tentunya menyenangkan.




posted by : Admin
Kontributed and dedicated by : Desa Bahasa

  

Wisata Gerabah di Magelang, Ada Gak ?

Magelang, Wisata - bagi yang pernah ke Magelang, tentunya tidak aneh kalau kamu mendengar kata ''Wisata Borobudur''. Sebagai salah satunya ikon wisata Magelang yang mendunia.

  Tapi anda tahu gak, kalau di sekitar Borobudur ada salah satu desa yang menawarkan sebuah wisata edukasi, yakni wisata Gerabah.

  Nglipoh, salah satu dari sekian desa di Borobudur yang senantiasa eksis dalam dunia wisata. Keberadaan Nglipoh menjadi sorotan terindah bagi wisatawan asing.

  Di Nglipoh, anda akan ditawarkan bagaimana membuat beraneka ragam hias dan bentuk yang bisa dikreasikan daru sebuah tanah liat, atau yang disebut gerabah. Maka dari itu, ada kan wisata Gerabah di Magelang.

  Tak lupa menyebutkan tempatya, wisata Gerabah ini terletak di Dusun Nglipoh, Desa Karanganyar, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

  Menuju ke wisata Gerabah ini, kamu akan disuguhkan sebuah pesona pemandangan Candi Borobudur yang terlihat jauh dari sebuah desa yang terletak agak tinggi, dan nampak keren.



posted by : Admin

Bolang ( Bocah Petualang ) ?, Kalau Disini Nama Desa

Wisata, Magelang - Anda yang menjadi penggemar hal-hal yang berbau petualang atau anda yang suka nonton acara Televisi di Trans TV, tentunya paham banget dengan salah satu acara petualang si kecil dan kawan-kawan, Bolang ?.


  Bolang atau lebih kita kenal bocah petualang, sebuah acara petualang yang diselenggarakan oleh TRANS TV dengan lakon-lakon kecil alias bocah telah menghipnotis pemirsa layar kaca se-Tanah Air, keren banget.

  Pernah dengar Desa Bolang ?, sekilas pertanyaan tersebut membuat anda penasaran dan ingin tahu lebih lanjut.

   Nah, di sebuah desa di Temanggung dan berbatasan dengan Magelang, ada sebuah Desa yang namanya Desa Bolang. Kira-kira duluan mana nama desa ini dengan acara Bolang di Televisi ?, yang jelas duluan desa ini.

  Hal yang unik di desa ini, aura petualang yang ditorehkan dari sebuah nama ''Bolang'' ternyata ada dalam diri desa ini. Mau tahu, desa ini sering digunakan para pesepeda sore yang ingin hunting foto-foto di track sepeda yang sudah ada di ujung desa, keren bukan. Coba kesana...yuk.


reported by : Aldi

Jalan-jalan Sore Itu Asyik

Jalan-jalan Sore Itu Asyik
Halo kawan d'Lensa, mau tahu enggak paling enak di waktu sore itu ngapain ? bisa tiduran, bisa olahraga, bisa mencari menu makan sore atau apa saja ?.


 Nah, kawan kalau seharian beraktifitas dari waktu pagi, siang hingga menjelang sore pastinya kamu akan merasakan yang namanya ''capek'' dan itu gak bisa dipungkiri lagi kan. Tapi gak papa itu ''just kid '' saja.

  Sebuah inspirasi dari pengalaman kita kawan-kawan d'Lensa, sore itu adalah waktu yang paling enak dan pas banget buat jalan-jalan. Terserah kamu mau jalan-jalan by foot, by motor, atau by bicycle. Dan tentukan mau kemana arah tujuan kamu, kalau enggak tahu '' its never mind'' soalnya kemana arah melangkah sore-sore itu waktu yang paling nice.

   Kenapa sore ? berdasarkan pengalaman dan pengamatan, sore itu waktu dimana sinar mentari tidak panas, bahkan bisa melihat momen sunset sore. Selain itu juga, sore itu mempunyai aura yang bagus untuk akifitas nyantai, contohnya jalan-jalan ke sawah sore, ke taman sore, cari-cari wisata kuliner sore, hunting-hunting foto sore dan lain-lain.




posted by : Admin

Jelang Waisak, Wisata Borobudur Semakin Ramai

Jelang Waisak, Wisata Borobudur Semakin Ramai
Magelang, Wisata - Menjelang hari H sebelum perayaan waisak di tahun 2013 ini, Borobudur sebagai tujuan destinasi wisata Dunia mengalami peningkatan drastis pada kunjungan hari-harinya.
 
   Bahkan sebelum waisak ini, cukup banyak sekali para penikmat / penggembira acara waisak yang sudah membooking beberapa homestay, penginapan dan hotel. Mereka membooking untuk dapat pertisipasi di event tersebut sebulan sebelumnya. Bahkan untuk penginapan ada yang 2 bulan sebelum hari-H sudah memesan penginapan.

  ''Sudah hal yang biasa, ketika akan menjelang waisak Borobudur pasti ramai,'' tutur Bp. Taufik, ketua HPI Magelang.

  Beberapa tanda-tanda penyambutan dan perayaan waisak sudah nampak pada kesiagaan para pedagang yang sudah membuat pos-pos yang ada di Mendut dan disekitaran Borobudur.




posted by : Admin
reprted by : Dhimas P.

Ada Burung Pipit di Dekat Candi Pawon

Wisata, d'Lensa - Minggu lalu di hari kamis (10/5/2013) kami kawan-kawan YGC berkunjung ke Candi Pawon. Di sana kita belajara banyak tentang Candi Pawon serta sejarahnya.

  ''Di sini kita anak-anak YGC diharapkan bisa belajar tentang sejarah Candi Pawon dan peran kita'' tutur Miftah, ketua YGC.

  Nah, yang membuat asyik di kunjungan kita di sini adalah kita belajar dengan Volunterr ( relawan ) dari asing, sehingga kita bisa belajar bahasa juga.

  Melirik ke samping Candi Pawon nih, ada sesuatu yang membuat saya terperangah. Ada sangkar-sangkar burung milik pedagang dan warga yang terpajang di dekat Candi Pawon dan memberikan sebuah pemandangan yang lucu. Sangar Burung apa ? Burung pipit kawan...hehehe...




Contributed by : YGC dkk

Jalan-jalan dan Berpose di Kandang Kuda

Wisata, Jalan-jalan- Berkunjung ke Candi Pawon yang terletak di Borobudur, Magelang sungguh mengasyikkan sekali kawan.


  Dalam sebuah kesempatan kecil, kami kawan-kawan serombongan menikmati indahnya Candi kecil nan unik dan bersejarah ini, ya Candi Pawon. Di sana kita tidak cuman liat-liat candi saja, kita belajar tentang sejarah Candi Pawon.

  Oh iya, di samping candi pawon ada kandang kuda. Ha ini dia, kami berpose dan menilik sebuah kandang kuda yang ada di dekat Candi Pawon. Nice kan.



Contributed by : Koko & Octha

Tips Mencari Penginapan Murah

Tips Mencari Penginapan Murah
Tips Mencari Penginapan Murah

Hai kawan-kawan d'Lensa, kali ini kita mau bagi-bagi info terkait ''Tips Mencari Penginapan Murah'', nah bentar lagi kita akan sebutin, apa saja sih tipsnya;


Pada dasarnya, mencari info penginapan ketika mau berlibur itu sangat mudah, tapi barangkali kamu akan menemukan kendala terkait informasi yang kurang atau terkait penginapan yang sudah di Booking membuat kamu kesal, resepnyaapa aja :

1. Pastikan kamu tahu beberapa informasi penginapan di sebuah tempat tujuan wisata yang akan dituju, penginapanya dimana saja sih ?

2. Kalau mau pesan penginapan di waktu hari libur atau akan ada perayaan, pastikan kamu booking penginapan yang paling murah sebelum di booking orang lain.

3. Lakukan Negosiasi kalau perlu, jika kamu rasa harganya tidak sesuai dengan yang kamu harapkan.

4. Carilah homestay, karena penginapan model ini cukup pas dengan kantong biayanya.


Nah, itu dia sekilas tips yang bisa kami share buat kawan-kawan, mudah-mudahan bermanfaat.




posted by : Admin

Menikmati Tarian Aceh di Borobudur

Wisata, Budaya - Akhir Desember 2013, kami kawan-kawan dari Relawan dari Indonesia International Workcamp ( IIWC ) dan Borobudur Young Guardian ( YGC ) punya acara pementasan beberapa tarian di Lapangan Lumbini Borobudur.


   Menikmati jalanya event, kami menampilkan sebuah performance art berupa Tarian Truntung, yang diajarkan oleh KSBI.

  Tak itu juga, kami menikmati pementasan tarian aceh yang diperankan oleh anak-anak sekolah dari sekitar Borobudur. Nice banget pokoknya,..




Contributed by : anak2 YGC





Definisi Wisata Pertanian Menurut kawan d'Lensa


Definisi Wisata Pertanian Menurut kawan d'Lensa

Wisata Pertanian - Halo kawan-kawan sobat
d'Lensa, apa kabar hari ini ? pastinya nice kan. Nah, kali ini kita akan mencoba menilik dengan sudut pandang yang berbeda tentang arti dari sebuah wisata.

  Menurutmu wisata itu apa sih ? kalu misal pemandangan seperti di samping, kira-kira bisa gak dijadikan sebagai ikon wisata ? tentunya bisa.

  Kalau kamu merasakan terhibur dengan sesuatu ketika berkunjung di suatu tempat, nah itu dia yang dinamakan wisata.
  Apa sih kerenya wisata pertanian dengan wisata yang lain-lain ? wisata pertanian adalah segala hal yang ada di dunia pertanian, seperti sawah, padi, petani, cangkul, tanaman, dan hal-hal lain yang bisa menjadi hiburan bagi yang menikmati, itu dia wisata pertanian.



posted by : Admin
Kontributed by : Octha

Lampion Waisak Borobudur 2013


Nah, ini dia kawan Lampion Waisak yang bakalan akan kamu rasakan lewat pandangan panca indra indahmu. Ambil kesempatanmu buat mengikuti acara penerbangan Lampion di Malam pelepasan Lampion Candi Borobudur yang akan dapat anda saksikan pada malam hari,  tanggal 25 mei 2013.

  Penerbangan Lampion di Candi Borobudur yang berjumlah seribu lebih akan nampak seru dan ramai, dan tentunya akan berjalan dengan sangat meriah. Dan suasana malam akan terasa berubah bersinar terang kemerah-merahan.

  Nah, pengen ikut nerbangin lampion, hubungi aja panitia dari Walubi...



fto by : coretanromi.blogspot.com
kirim info / artikel kamu di : lensapelancong@gmail.com
kami edit dan kami muat, dan jadilah member d'Lensa
follow : @lensapelancong

Daftar Restoran / RM di Batang dan Nomor Teleponnya

Daftar Restoran / RM di Batang dan Nomor Teleponnya

Daftar Restoran / RM di Batang dan Nomor Teleponnya



Dink-Donk, Simpang 3 karanganyar, Batang 081575532274

Suka Sari, Jl. Tentara Pelajar 19, Batang 0285-391587


Cafe Puja Sera, Sigandu, Batang 081575363946

Cafe Putri Laut, Sigandu, Batang 08122717730

Sedap Rasa, Jl. Dr. Wahidin Batang 0285-7907960

Indoensia, Jl. Raya Sambong, Batang 0285-7933141

Murah Meriah, Jl. Jend. Sudirman 17, Batang 0285-391069

Paritama, Jl. Pemuda, Kadilangu, Batang 0811542054544

Ayu Cafe, Jl. Pemuda, Kadilangu, Batang 08156253745

Sri Rama Cafe, Jl. Letjend. Suparno 80 A., Batang 0285-7916705

Taransito Cafe, Jl. Yos Sudarso 50, Batang 0285-392760

Jamila, Ds. Sengon Subah, Batang 0285-666611

Aldila, Simbang, Desa Tulis, Batang 081326756300

Muna Cafe, Sidomulyo Bandar, Batng 081548114665




Source of Central Java Tourism Book Guide

Dataran Tinggi Dieng Wonosobo

Dataran Tinggi Dieng Wonosobo

Dieng adalah sebuah kawasan dataran tinggi yang terletak di Jawa Tengah, secara persisnya dataran tinggi Dieng masuk di wilayah Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo. Masyarakat umumnya menyebut Dieng atau Dataran Tinggi Dieng. Letaknya pun sangat unik, yakni di sebelah barat Gunung Sumbing dan Sindoro.

  Secara Administrasinya nih, Dieng berada di desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara dan Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonsobo. Walaupun keduanya adalah daerah terpencil tapi keren banget pesonanya.

  Nah, Bicara soal Dieng kawan, cukup banyak sekali potensi wisata yang dapat kita kunjungi, mulai dari wisata kawah, wisata Telaga, Wisata Candi, Wisata Goa, Wisata Budaya, wisata Pertanian dan masih banyak lagi lainya.

  Yuk mari kita simak wisatanya apa saja :

# Wisata Telaga
Disana ada Telaga warna yang bisa berwarna-warni, Telaga Pengilon dan Telaga Merdada

# Wisata Kawah
Ada banyak Kawah disana, mulai dari kawah Sikidang, Sileri, Sinila dan Candradimuka

# Wisata Candi
Ada 9 kompleks Candi disana, antara lain Candi Gatotkaca, Candi Bima, Candi Arjuna, Candi Semar, Candi Srikandi, Candi Sembadra, Candi Setyaki, Candi Gangsiran Aswatama dan Candi Dwarawati.

# Wisata Gua 
Ada Gua Semar, Gua Jaran, Gua dan Gua Sumur

# Wisata Teater untuk Melihat Film tentang Dieng

# Wisata Museum Dieng kaliasa

# Dan wisata pertanian

Nah, itu dia sekilas tantang Dieng dan wisatanya, mau lebih tahu ? Main aja kesana..




posted by : Admin
fto by : rovicky.wordpress.com

Daftar Restoran / Rumah Makan di Pemalang

Daftar Restoran / Rumah Makan di Pemalang

Daftar Restoran / Rumah Makan di Pemalang



Pringjajar, Jl. Raya Pemalang-Pekalongan km. 15 Telp. 0283-577500

Widuri, RT 03/09

Bu Um, Jl. Jend. Sudirman ( Pasar Pagi )

Saiyo, Jl. Jend. Sudirman Pemalang

Machard, Jl. Jenderal Sudirman Timur

Sibeng, Terminal Bus Pemalang

Luas Indah, Jl. Jurusan Pemalang-Tegal

Java, Jl. A. Yani Utara, Kenondalem, Pemalang

Mbok Berek, Rt 04/V Kel. Pelutan, Pemalang

Segoro, RT. 04/ V Kel. Pelutan, Pemalang

Sari Nikmat, Jl. Raya Comal Pemalang

Utomo, Ds. Ujunggede RT. 07 / 01, Pemalang

Nasi Sambel, Ds. Jatirejo Rt. 03/04, Ampelgading

Atria, Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo, Pemalang

Kurdi, Jl. Raya Comal, Pemalang

Jambe Kembar, Ds. Benter, Belik, Kec. Belik, Pemalang

Sakurata, Jl. Samosir Barat II/134 Bojongbata

Citra Gading, Jl. Raya Ujunggede, Ampelgading

Kepiting Pak Kardi, Ds. Rowosari RT.01/05 Ulujami






Source of Central Java Tourism Book Guide



Aksobya, Seniman Sekaligus Pembuat Kerajinan dari Bambu di Borobudur

Wisata, Tokoh - Borobudur cukup terkenal dengan kehebatan dan keindahan arsitektur dalam monumenya. Tapi asal anda tahu, banyak hala yang ada di Borobudur yang bisa kita kaji selain tentang Candi, yakni kebudayaan, kesenian, desa dan lain-lain.

  Pernah dengar seorang seniman muda di Borobudur yang bernama Aksobya ? sebutlah dia seorang musisi aliran Slow Rock dari Magelang yang religius.

  Pria asal Borobudur, Magelang ini ternyata cukup tertarik dengan sebuah bambu. Dan pada akhirnya dia menjadi seorang yang bergelut di dunia kerajinan bambu.

  Beberapa contoh hasil karyanya, seperti Miniatur pesawat dari bambu, Kotak Box dari bambu, Kotak korek dari Bambu dan semuanya serba bambu.

  Asal tahu aja ya, ini adalah salah satu wujud partisipasinya terhadap karya dan Seni yang bisa menjadi Masterpice mahal jika dijual di Borobudur. Maka tak heran ya, kalau hasil karya-karyanya bernilai tinggi. Yuk, intip kegiatan di Ngaran, Borobudur, Magelang.



posted by : Admin

Perlunya Bawa Kamera Sewaktu Berlibur di Tempat Wisata

Pernah ngebayangin gak sewaktu kamu dikasih kesempatan berlibur di suatu tempat yang keren, terus disana kamu cuman bawa uang saku dan bekal jajan yang cukup, tapi kamu gak bawa kamera.

  Nah, di suatu kesempatan dan pengalaman, cak Kadek, jalan-jalan alias plesir keliling Semarang. Seketika itu dia merasa enjoy aja, karena dia hanya main ke rumah bibinya.

  Hari kedua, cak Kadek berniat mengajak kawanya ke Daerah Bandungan, disana nih, dia dapet kesempatan buat lihat panorama yang mengaggumkan dan pesona Rawa Pening dari atas Bukit Ungaran, keran banget kan.

  Tapi, ada yang membuat dia kecewa kawan, kalo cak kadek itu lupa bawa kamera. So, momen-momen keren di sepanjang jalan dan tempat wisata tak terabadikan.

  Nah, sekilas dari cerita diatas, kita bisa ambil manfaatnya kalau jalan-jalan ke tempat wisata itu penting banget bawa kamera.


Contributed by : Cak Kadek
kirim artikelmu di : lensapelancong@gmail.com

Penemuan Candi Borobudur



Penemuan Candi Borobudur

Keberadaan Candi Borobudur dapat terungkap berkat Sir Thomas Stamford Raffles, Gubernur Jenderal Inggris ketika ia mengadakan kegiatan di
Semarang dan mendengar informasi dari masyarakat bahwa di daerah Kedu ditemukan sususnan batu bergambar yang ditumbuhi pepohonan dan semak belukar. Kemudian Raffles mengutus Cornelius ( orang Belanda ) untuk membersihkanya.

  Pekerjaan pembersihan dilanjutkan oleh Residen Kedu bernama Hartman pada tahun 1835.



sumber : Balai Konservasi Borobudur ( Booklet )
Borobudur Tempoe doeloe

Ada Tahu Serasi di Bandungan, Semarang


Tahu Serasi di Bandungan, Semarang

Berkunjung ke Semarang, rasanya pengen berkunjung ke daerah Bandungan. Kenapa ? Bandungan adalah daerah dimana Candi Gedong Songo berada. Selain itu, Umbul Sidomukti juga terletak di sekitar Bandungan.

   Bandungan itu luka-liku jalanya, keren pemandanganya, ramai pasarnya, sejuk hawanya dan banyak pengunjungnya.

  Nah, di sekitar pasar Bandungan atau di Bandungan sendiri, kamu bakalan penasaran dengan tulisan di jalan-jalan  '' Tahu Serasi '' yang ada di sekitar situ. Itulah dia salah satu kuliner Semarang yang populer dan menjadi kuliner khas dari Bandungan.

  Kuliner yang satu ini ( tahu serasi ), rasanya gurih, berwarna putih, dan nikmta disantap dengan saus kecap apalagi dengan hawa dingin Bandungan yang sangat pas.

  Tahu Serasi Bandungan dipelopori oleh Oom Shin. Dia adalah salah satunya produsen dan pemilik pabrik tahu serasi Bandungan ini. Tahu gak kapan pabriknya beliau berdiri ? sejak 1980 kawan, cukup lumayan tua-tua kemudaan kan.


posted by : Admin

Kapan Candi Borobudur Dibangun ?

Kapan Candi Borobudur Dibangun ?
Kapan Candi Borobudur Dibangun ?
 
Berdasarkan interprestasi dari pahatan huruf pada bagian kaki Candi Borobudur yaitu pada relief kamawibhangga, diketahui adanya inskripsi singkat yang dapat memberi petunjuk. Inskripsi tersebut mempunyai gaya huruf yang sama dengan prasasti Karang Tengah yang berangka tahun 824 M dan prsasti Cri Kahulunan 842 M.

  Menurut seorang ahli bernama Casparis, berdasarkan interprestasi Karang Tengah dan prasastu Cri Kahulunan, pendiri Candi Borobudur adalah Samaratungga yang memerintah tahun 782-812 M pada masa dinasti Syailendra.

  Candi Borobudur adalah candi yang dibangun untuk memuliakan agama Buddha Mahayana yang dianut oleh masyarakat pendukungnya pada masa itu. Selain dari bentuk huruf dan bahasa yang digunakan, kedua prasasti tersebut menyebutkan kata-kata yang diperkirakan mengacu pada Candi Borobudur.

  Arsitek yang merancangnya beserta konsep-konsep cara berpikirnya masih belum diketahui secara pasti hingga saat ini.



sumber : Balai Konservasi Borobudur ( Booklet )

Keunikan di Candi Gedongsongo, Bisa lihat Rawa Pening dari Atas


Keunikan di Candi Gedongsongo

Semarang, d'Lensa - Hari ini adalah hari yang cukup mengesankan bagi saya dan kawan saya, cak Imam, dimana kami meluangkan waktu untuk jalan-jalan ke Kota Semarang dan ke Ungaran.

  Di hari kedua, kamis (20/5/2013) saya mencoba untuk berkunjung ke Candi Gedongsongo, Bandungan. 

  Di sepanjang jalan dari Lemah abang (perempatan),  sampai ke arah pasar Bandungan, banyak banget kita jumpai yang namanya penjual bunga dan juga penginapan-penginapan, itu berarti, minat wisatawan dengan Bandungan itu sangat tinggi banget.

  Tidak itu juga, sepanjang jalan ke Bandungan kita merasakan hawa sejuk dari nuansa alam Bandungan dan sekitarnya. Dan yang pasti kamu harus siap dengan lika-likunya jalan khas pegunungan.

  Setiba di gerbang utama masuk, jalan serasa semakin ke atas, kita semakin terhibur dengan pemandangan dari atas dan semakin ke atas kita bisa menyaksikan indahnya pemandangan Rawa Pening yang nampak luas, lebar dan nampak mempesona. bahkan dari atas candi yang ke-5 pun kita bisa menyaksikan fenomena ini. 



posted by : Admin
kontributed by : Imam 
foto : mblusuk.com

Tips Asyik Jalan-jalan

Tips Asyik Jalan-jalan
Tips Asyik Jalan-jalan

Hai kawan d'Lensa, apa kabar semua. Pastinya  ada yang  fit dan ada juga yang sedang capek banget karena habis jalan-jalan atau habis aktivitas. Nah, buat yang mau jalan-jalan lagi atau mau merencanakan plesirr alias melancong, nih kita mau berbagi tips simple yang bkin jalan-jalan kamu asyik :




1. Jalan-jalan paling enak sama kawan yang suka jalan-jalan

2. kalau mau berkunjung ke tempat yang seru dan keren pemandanganya, pastikan jangan lupa bawa
kamera, paling gak hp aja sudah cukup, apalagi yang kamera beneran, udah cukup banget

3. Pakai kendaran roda dua bisa, roda 4 juga bisa, pake' bis juga bisa, asalkan pengendaranya sudah mahir dalam medan ke Tujuan (penting banget)

4. Pastikan kamu udah tahu, informasi lengkpa tentang lokasi yang mau kamu tuju, ''paling enggak baca informasi di Internet atau di media cetak ya ''

5. Liburan bersama Guide itu lebih aman dan kaya akan informasi

6. Bawa bekal yang cukup, dan pastikan '' update informasi terkait cuaca''


Nah, itu dia kawan sekilas tips yang bisa kita share, Moga bermanfaat


mau berbagi tips : Mention @lensapelancong , krim artikel ke lensapelancong@gmail.com

Daftar Restoran / Rumah Makan di Brebes dan Nomor Teleponnya

Daftar Restoran / Rumah Makan di Brebes dan Nomor Teleponnya

Daftar Restoran / Rumah Makan di Brebes dan Nomor Teleponnya


Moei, Jl Raya Kaligangsa Wetan Brebes (0283) 671763

Restu Ibu, Jl. Sultan Agung 94, 0283-672691

Murni Jaya, Jl. A. Yani 37, Brebes 0283-3326507

Setty Family, Jl. Randusange, Brebes 01803338

Bang Jarot, Randusanga  Indah Brebes

Antik, Jl. A. Yani 49, Brebes 0283-671981

Rodjo, Jl. Sultan Agung, Brebes 0283-671180

Mitra, Jl. Sultan Pemuda, Brebes 08783009314

Zaeni Putra, Jl. Sultan Agung, Brebes 0283-672532

Pandan Wangi, Jl. Pantai Randusanga 081911483082

Telagarasa, Larangan, Brebes 085842122544

Mbok Berek, Jl. Raya Pesantunan Wanasari, 0283-673090

Kopti, Jl Raya Klampok Wanasari 08282994582

Rumah Makan 88, Jl. Raya Wanasari Brebes 0283-671753

Sarinah, Jl. Raya Kluwut Bulakamba 0283-870419




source of Central Java Tourism Book Guide




Kemah Budaya di Kawasan Wisata Borobudur

Magelang, Budaya - Sabtu kemarin ( 11/5/2013 ) diselenggarakan sebuah acara bernama kemah budaya di sebuah lapangan di Pondok Tingal oleh peserta Kemah Budaya se-Magelang.


  Kemah Budaya adalah acara kemah dimana mereka dikenalkan dengan sebuah warisan Budaya Dunia, Borobudur. Dan selain itu juga mereka diperkenalkan beragam kebudayaan yang tentunya menjadi materi ke-Pramukaan.

  Nah, acara yang berlansung selama 2 hari 3 malam ini diselenggarakan di Lapangan Pondok tingal dan mereka juga di ajak ke Candi Borobudur, untuk mengenal dan belajar Borobuudur.

  Acara yang di adakan oleh beberapa panitia dari Mungkid, Borobudur dan Ngluwar ini cukup sangat menarik dan menjadi perhatian masyarakat. Tak itu juga, dalam sebuah acara ada sebuah momen dimana mereka bisa menampilkan sebuah performance art tarian dan kesenian daerah.

  Menarik bukan, anak Pramuka aja bisa cinta dengan Budaya, kenapa kita tidak ?



Contributed by : Koko Trioko
posted by :Admin

Menyusuri Jalan Setapak Menuju Persawahan

Album Lensa Pelancong
by : Dana Adi Pramifta album

Tema : Jalan-jalan
Judul : Menyusuri Jalan Setapak
Model by : Dana Adi P.
Lokasi : Area persawahan Tanjungsari, Brebes


''pecinta jalan-jalan, sea food, hunting foto pribadi, dan menyukai keindahan pemandangan sunset sore di pantai ''


Contributed by : @danaadipramifta ( twitter )
posted by : Admin


e-mail : Lensapelancong@gmail.com

Punthuk Setumbu di Kala Sunset


Punthuk Setumbu di Kala Sunset

Ini dia kawan pemandangan memukau sore hari, di sebuah kawasan wisata Borobudur Nirwana Sunrise. Kali ini keindahan nampak terasa di kala sunset sore.


  Sebuah pancaran mega merah, di ujung barat, melawan arah sunrise sore yang kelihatan sayup-sayup merah merona.

   Sore hari, pukul 17:00 di hari Minggu  ( 28/4/2013 ), oleh kawan d'Lensa,
M. Faris, Magelang.



Kontributed by : faris
posted by : Admin

di Sebuah Gubug ( Masih di Sawah )



































Album Lensa Pelancong
by : Dana adi Pramifta album



D'Lensa Of the week
pecinta jalan-jalan, keindahan pemandangan sawah dan sunset sore pantai.

tema : Pemandangan Sawah dan Gubug
judul : masih di sawah

Lokasi : Area persawahan Tanjungsari, Brebes
Contributed by : @danaadipramifta

Berlibur ke Pulau Panjang Jepara Jawa Tengah

PULAU PANJANG JEPARA JAWA TENGAH


Gambar 1.1 Nice Picture before voyage :D
     Liburan paling asyik pastinya berlibur baersama keluarga tercinta. Apalagi liburannya mudik ke tanah kelahiran salah satu orangtua kita. Berikut kisahku berlibur bersama keluarga ke Pulau Panjang saat mudik ke tanah kelahiran bapakku di Bumi Kartini Jepara.
    Pulau Panjang terdapat di sebelah barat Pantai Kartini berjarak sekitar 1,5 km. merupakan pulau berpantai landai dan berpasir putih. Pulaunya rimbun karena beberapa jenis tanaman keras tumbuh di sana. Pohon-pohonya yang tinggi sangat menarik bagi berbagai jenis burung (camar, bangau, blekok) untuk tinggal dan berkembang biak.Bagi yang ingin berkemah tidak perlu khawatir, karena di sana juga tersedia sarana MCK yang cukup memadai.
       
   Untuk sampai di Pulau Panjang dapat memanfaatkan perahu wisata “Sapta Pesona” dari Pantai Kartini atau Pantai Bandengan dengan tarif yang relatif murah. Dan kami sekeluarga berangkat dari pantai Bandengan. Di tengah laut kami disihir oleh pesona laut pantai Bandengan. Kami deberi kesempatan untuk memberi makan ikan ikan. Kita juga dimanjakan dengan pemandangan patung kura-kura raksasa yang mana di dalamnya merupakan seaworld di pantai Kartini. Dari pantai Bandengan, kita hanya membutuhkan waktu 10 hingga 15 menit untuk sampai ke Pulau Panjang.




Gambar 1.2 Bapak dan Ibu berpose di perahu
Gambar 1.3 turun dari perahu langsung narsis di jembatan kayu :D
Gambar 1.4 Berjalan menyusuri paving block
Gambar 1.5 Bapak sebelum ziarah ke makam Sheikh Abu Bakar
       Aku bersama bapak, ibu, kakak dan adikku mengelilingi pulau dengan berjalan menyusuri pantai atau menyusuri jalan (paving block) sambil menikmati pemandangan di kanan kiri. Pantai berpasir putih dan laut dangkal dengan terumbu karang merupakan pemandangan yang sangat menarik.Di Pulau Panjang ini terdapat makam tokoh islam (seorang guru) namanya Syeikh Abu Bakar. Terdapat pula mercusuar yang sampai sekarang masih berfungsi untuk memandu kapal-kapal yang mengarungi Laut Jawa.

Gambar 1.6 Berfose di depan pintu ukiran ruang makam 
                Setelah perahu kami menjemput, akhirnya kami kembali ke Pantai Bandengan untuk pulang ke rumah. Begitu banyak belajaran pengalaman yang kami dapat. Berlibur memang menyenangkan, mengasyikkan, menambah wawasan pengetahuan dan kesyukuran. Karena dengan kegiatan berlibur ini, kita akan begitu mensyukuri ciptaan Tuhan yang sangatlah indah mempesona. Kesyukuran yang begitu mendalam seketika terucap. Terimakasih Tuhan, Kau limpahkan keindahan nan menakjubkan di negara kami, bantu kami menjaganya.





Contributed by : Ratna ( @ratnacuta_cuta




Pemandian Umbul Sidomukti Bandungan


Pemandian Umbul Sidomukti Bandungan
Wisata, Semarang - Jalan-jalan ke Semarang mengasyikkan sekali, tapi ada yang kurang kalaubelum berkunjung ke daerah Bandungan. Kenapa ?
disana tempat paling asyik untuk mendapatkan hawa alam yang sejuk dan merupakan tujuan destinasi wisata yang cukup diminati wisatawan.

  Bicara tentang kawasan ''Bandunga'' ada sebuah wahana wisata alam Pegunungan. Nah, disini anda akan merasakan nuansa alam yang benara-benar alami.

  Salah satu contohnya adalah pemandian 'Umbul' yang ada di Dusun Nggege, Desa Sodomukti, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Yakni sebuah pesona kolam renang air tawar yang berada di puncak dengan air yang sangat dingin dan alami dari sumber mata air.

  Nah, di sana ada kolam renang sebanyak 4 kolam yang ertingkat dan bisa anda coba semua, dan paling penting ni, airnya sangat dingin, sejuk dan menyegarkan. Nah, kawasan wisata ini dapat ditempuh dari arah Semarang menuju Solo sampai menuju ke Arah Pom Bensin Lemah Abang, kemudian anda bisa masuk ke arah Bandungan. Sebelum sampai pasar Bandungan kamu akan menemukan pasar Jimbaran. Nah, dari dekat situ kamu akan menemukan gang yang tulisanya ke '' Sidomukti''. Yuk kesana.



posted by : Admin
foto by : aranisundinda.blogspot.com

Ayam Penyet Suroboyo, Kuliner Terlaris di Magelang


Kuliner Terlaris di Magelang
Kuliner, Magelang - Siapa sih yang tidak kenal ''Ayam penyet Suroboyo'' yang ada di Magelang. Kuliner yang satu ini rupanya sangat diminati oleh para pecinta kuliner yang sedang lapar dan hobi berburu kuliner.

  Kuliner ayam penyet yang ada di jalan Mayjend Bambang Sugeng no. 57 Mertoyudan ini ternyata selalu ramai oleh pengunjung. Bisa anda lihat sendiri nih, kalau anda lewat jalur ini anda akan menyaksikan suasana moil yang keluar masuk cukup padat.


  Nah, kalau anda ingin berburu kuliner yang satu ini, dan yang ada di Magelang ini, pastikan anda tidak datng terlalu malam. Kenapa ? karena saking larisnya biasanya sore hari mendekati malam sudah habis.



posted by : Admin

Jalan-jalan Ke Borobudur dan Belajar Borobudur

Borobudur, d'Lensa - Berwisata ke Borobudur itu adalah hal yang dinanti-nanti bukan untuk menjadi sebuah tujuan destininasi wisata adalah hidupmu.

  Nah, setelah kamu dapat kesempatan dapat berkunjung ke Candi Borobudur, apa yang akan kamu lakukan. Mau lihat Candi Borobudur saja. jangan cuma itu saja ya ?

  Seperti kawan-kawan dari YGC Borobudur nih, yang usianya dikatakan masih umuran SMA. Mereka pergi ke Borobudur tidak hanya lihat keelokan candi saja loh kawan.

   Hal yang terpenting bagi mereka adalah, pergi ke Candi Borobudur adalah untuk jalan-jalan seperti layaknya seorang yang menikmati perjalanan hidup, dan tak cuma itu, mereka mengkaji apa yang ada dan tertuliskan dalam dinding relief, jadi mereka jalan-jalan sambil belajar tentang edukasi, wisata da relief di Borobudur. Keren kan, nah anda perlu meniru yang satu ini.


posted by : Admin
inspired and thanks for : YGC Borobudur and IIIWC
Powered by Blogger.

About Me

My photo

menukik bagaikan elang turun di lembah neraka menemani malaikat maut yang siap menjemput