Latest Updates

Buntil Lumbu | Kuliner Makanan Khas dari Dieng

Buntil Lumbu | Kuliner Makanan Khas dari Dieng



Apa sih Kuliner Makanan khas di Dieng, Wonosobo dan Banjarnegara ? barangkali anda pernah dengar yang namanya ''Buntil''. Apa sih itu Buntil ? dan kenapa di Dieng ada kuliner yang namanya Buntil ya... ?

Sebuah Topik menarik banget untuk diperbincangkan, terkait hal Kuliner Makanan yang khas dan enak di Jawa Tengah dan secara spesifik di Dieng sendiri. Kenapa ? kuliner adalah salah satu hal yang menarik dan menjadi bagian yang penting di dunia pariwisata.

Ya Buntil, ada beberapa orang yang sering menyebutnya ''Buntil'' saja atau ''Buntil Lumbu''. Dalam bahasa jawa ''Lumbu'' itu adalah daun talas. Dan barangkali daun ini cukup mudah dikenali karena dpat dijumpai mudah di kebun atau di pinggiran sawah.

Dalam ensiklpodia bebas, Buntil adalah dikenal sebagai lauk yang biasa dijajakan di pasar maupun ditawarkan di jalan-jalan oleh pedagang kaki lima.

Buntil sebenarnya adalah semacam Bothok yang dibungkus dengan daun muda singkong dan diberi sedikit cairan pedas yang terbuat dari santan. Isinya adalah parutan kelapa yang diberi bumbu. Daun pembungkus lainnya selain daun singkong adalah daun talas seperti yang ada di Dieng, Wonosobo, Banjarnegara dan sekitarnya.

Nama Buntil ternyata juga digunakan di luar negeri seperti di Yunani atau di Turki, di sana dikenal pula sebagai pembungkus makanan daun anggur muda tapi diisi dengan nasi.

Nah, kuliner Dieng yang satu ini dapat dijumpai dengan mudah disana. Hal yang membuat khas dan sudah pada umumnya, Buntil ini terkadang sering di identikkan dengan parutan kelapa rasa pedas yang dibungkus dengan Lumbu ( Talas ), atau orang awam yang masih agak tahu mengira barangkali Buntil itu ya ''Lumbu di Godok dan dibuntel'' yang artinya daun talas yang direbus dan kemudian dibungkus.

Tapi asal saudara tahu kok, Kuliner di Dieng yang satu ini cukup familier di kalangan masyarakat bahkan di bebrapa daerah di Jawa Tengah. Biasanya wawasan kuliner tradisional semacam ini diwariskan dari orang tua mereka yang sudah tua, jadi ketika anda bertanya kepada kakek atau nenek anda yang asli jawa, mereka akan tahu yang namanya ''Buntil Lumbu''.

Buntil Lumbu ini mempunyai rasa yang sangat khas, yakni Gurih, enak dan pedas dan seperti ada rempah-rempah ketika kamu mengunyahnya. Dan anda gak boleh kaget, terkadang ketika anda mengunyah buntil ada tali untuk mengikat susunan daun talas agar tidak hancur.



Lensa Pelancong
budparbanjarnegara.com, foto ]


'' Setelah membaca sekilas ulasan tentang Buntil | Kuliner Makanan Khas dari Dieng, apa pendapat anda ? ''

Soto Kudus | Kuliner Makanan Terkenal di Kudus

Soto Kudus | Kuliner Makanan Terkenal di Kudus
posted by : Admin

Soto Kudus
Ke Kudus, apakah anda pernah dengar Soto Kudus ? Buat yang hobi kuliner tentunya tahu salah satu kuliner terkenal di Kota Kudus pastinya, tak lain ya Soto Kudus. Ya, kuliner yang satu ini memang membuat anda bertanya, soalnya Soto itu dimana-mana ya seperti itu kan yang namanya Soto. Tapi gimana sih yang jadi beda dengan Soto Kudus ? Kok bisa terkenal sebagai kuliner di sana. Penasaran sangat boleh, gak penasaran juga boleh.

  Oke kawan-kawan pecinta kuliner dimanapun anda berada, dalam topik wisata kuliner kali ini mari kita bincang-bincang dengan salah satu kuliner di Kota Wali ( Kudus ). Tentunya perbincangan ini mudah-mudahan membuat anda terkesan ingin mencicipi Soto Kudus, syukur-syukur berniat melancong ke Kota Kudus buat nguber-uber kuliner ini.

  APA SIH SOTO KUDUS ?

Dalam buku Online ( Wikipedia ), Soto Kudus adalah soto yang berasal dari Kudus. Soto Kudus terdapat dua jenis yakni Soto Ayam dan Soto Kerbau.

  Seperti pembuatan soto pada umumnya, makanan terkenal ini ( Soto Kudus ) juga ada tambahan dalam soto, suwiran ayam goreng, tauge, bawang merah goreng, seledri dan bawang putih goreng. Btw, bagaimana dengan resep Soto bikinan anda jika dibandingkan dengan Soto Kudus, anda juga bisa dengan mudah kok membikinnya.

  Kuliner makanan terkenal di Kudus ini memiliki keunikan dalam penghidangan, yakni dihidangkan dalam bentuk mangkuk kecil untuk satu porsi soto. Untuk hidangan Soto Kudus tidak hanya bisa diemukan di Kudus saja, bagi anda yang suka / pecinta kuliner anda pasti pernah menemukan beberapa Hidangan ini di Kota-kota lain bahkan di beberapa Kota di Indonesia.

  Nah, biasanya Soto-soto yang dibuat tidak mengikuti sesuatu kaidah harus memakai daging apa dala suwiran campuran sotonya atau bahkan rata-rata soto yang di sajikan, dijual dan dijajakan adalah soto ayam. Yang bikin unik, Soto Kudus tidak ada yang menggunakan daging sapi, kenapa ?

   Karena orang Kudus sangat menghormati orang hindu. Hal ini berawal dari zaman dahulu ketika Sunan Kudus kepada semua warga Kudus untuk menghormati orang Hindu dan budaya itupun sampai sekarang masih tetap berlaku. Wow, keren kan.

  APA YANG UNIK DENGAN SOTO KUDUS ?

Soto Kudus itu gak hanya dengan daging ayam saja seperti pada umumnya. Makanan terkenal di Kudus ini juga bisa ditemukan dengan suwiran daging kerbau, dan pastinya akan membuat anda penasaran.

DIMANA SIH KUDUS ?

Kota Kudus itu ada di Pulau Jawa. Lebih spesifiknya terletak di Jawa Tengah, Indonesia. So, dengan mudah anda menemukannya. Kalau enggak, anda bisa tanya kepada peta atau sumber-sumber lain.







Lensa Pelancong
resepmasakan.asia, foto]


'' Nah, setelah membaca sekilas tentang Soto Kudus, apa pendapat anda ? ''




Bukit Punthuk Setumbu | Borobudur, Magelang

Bukit Punthuk Setumbu | Borobudur, Magelang
by : Admin

Punthuk Setumbu, via : @kura_ijo 
Ada yang pernah berkunjung ke Bukit Punthuk Setumbu ? ada yang barangkali sudah, dan ada juga yang belum pernah kesana. Anda tentunya bisa kaget dengan salah satu fenomena alam yang memukau di Bukit unik di salah satu daerah di Desa Borobudur, Magelang ini. Apa sih yang unik dan keren dengan Bukit Punthuk Setumbu ini sehingga ketika para wisatawan yang hendak bepergian ke Borobudur, penasaran untuk menyaksikan fenomena alam di Bukit Punthuk Setumbu ?

  Bukit Punthuk Setumbu adalah salah satu bukit kecil dan lumayan agak tinggi di sekitaran Borobudur. Bukit ini terletak di Desa Karangrejo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Akan tetapi, anda akan lebih mudah menemukan Bukit ini dengan cara mudah '' Bertanya kepada orang, atau melihat papan yang bertuliskan Borobudur Nirwana Sunrise Punthuk Setumbu '' .

  Bukit Punthuk Setumbu terletak di Koordinat GPS S7''36'25.5''E110''10'39'' ( lihat pada peta ). Yah, lumayan tinggi sedikit kan, Bukit ini terletak di 3 / 4 km an dari Candi Borobudur, Magelang.

   APA SIH YANG MEMBUAT BUKIT PUNTHUK SETUMBU KEREN ?

Sebenarnya hal yang paling menarik dan keren ketika ada pengujung mengunjungi salah satu spot alam di Borobudur ini. Yakni sebuah pesona sunrise yang bisa disaksikan di Pagi hari. Untuk menyaksikan sunrise di Bukit ini, kamu harus tiba di sekitaran Borobudur waktu pagi hari sekitaran jam 05:00 wib.

  Kemudian, kamu akan mencari tahu dimana letak Bukit Punthuk Setumbu ? dengan bepergian bersama Guide Candi Borobudur, kamu akan dengan mudah dipandu menuju ke Punthuk Setumbu. Kalau anda sedang tidak bersama Guide, ada juga cara terbaik dengan bertanya kepada orang '' dimana letak Punthuk Setumbu '' kepada orang lokal.

  Biasanya juga sih, travel yang membawa anda sudah paham betul dimana letak Bukit ini. So, kamu akan tiba di Puncak dengan fine dan Nice.

SEBERAPA JAUH BUKIT PUNTHUK SETUMBU DENGAN CANDI BOROBUDUR ?

Tidak cukup jauh kok dari Candi Borobudur, dari wisata Dunia ini kamu bisa keluar komplek menuju ke pedesaan ke arah barat kemudian dengan mudah anda akan menemukan dusun Bumisegoro, dusun Maitan atau desa Brongsongan. Desa-desa di Borobudur ini akan menggiring kamu menuju ke desa Karangrejo, desa dimana Bukit Punthuk Setumbu ini berada.

WAKTU PAS BERKUNJUNG KE PUNTHUK SETUMBU ?

Datanglah di waktu pagi hari sebelum Matahari terbit. Kalau kamu bersama seorang pemandu wisata, maka akan dengan mudah kamu tiba di Puncak Bukit sebelum matahari terbit. Kalau kami bepergian tanpa pemandu, akan lebih baiknya jika anda tiba di daerah Borobudur pukul 05:00, kemudian anda bisa menuju ke lokasi pos sekitar jam 05:30 an atau kurang. Itu akan lebih baik, soalnya siluet Candi Borobudur dari Punthuk Setumbu akan tampak seperti tertutup kabut nan elok.

  Solusi lain agar tidak terlambat, yakni dengan menginap dulu di penginapan sekitar Borobudur. Untuk yang biaya sedang bisa ke Hotel Larasati atau Hotel Manohara. Untuk biaya cukup murah, anda bisa mencari homestay di sekitaran Borobudur.

SIAPAKAH WISATAWAN DI BUKIT PUNTHUK SETUMBU ?

Wisatawan tak hanya dari domestik saja yang doyan dengan berburu sunrise di pagi hari, banyak sekali para wisatawan dari mancanegara yang berburu sunrise dan view menarik dari Candi Borobudur dari sebuah ketinggian di Puncak Bukit Punthuk Setumbu Borobudur, Magelang.


ADA GAK AKUN FACEBOOK PUNTHUK SETUMBU ?

Anda bisa menghubungi akun Facebook yang berhubungan langsung dengan wisata alam ini. Link ini barangkali bisa bermanfaat untuk anda, dan anda bisa mengajukan pertanyaan dan saran at Punthuk Setumbu Nirwana Sunrise.


SIAPAKAH PENGELOLA PUNTHUK SETUMBU ?

Wahana wisata alam berupa bukit (alam ) di Borobudur ini dikelola oleh warga dengan kesadaran bersama akan potensi wisata alam yang memukau. Mereka menyediakan beberapa penginapan yang khas daerah berupa rumah tradisional nan sederhana yang bisa wisatawan gunakan untuk mengantisipasi kesiangan dalam berburu sunrise.


BERAPA TIKET KE BUKIT PUNTHUK SETUMBU ?

Tiket masuk : Rp. 15.000,-
Fasilitas       : Senter & minuman hangat ( kopi / teh )


SIAPAKAH YANG DAPAT EMNGUNJUNGI BUKIT PUNTHUK SETUMBU ?

Semua orang berhak menikmati wisata alam ( Bukit Punthuk Setumbu ) dengan tanpa terkecuali, asalkan menjaga nama baik, dan menjaga keamanan serta tidak merusak terhadap alam yang ada dan cinta terhadap alam serta warisan.






Posted by : Admin
foto          : pages Punthuk Setumbu Nirwana Sunrise ( Facebook Pages )

'' Setelah membaca ulasan singkat tentang Bukit Punthuk Setumbu | Borobudur, Magelang, apa pendapat dan komentar anda ? '' 










Yang Dimaksud dengan Paket Wisata ( Package Tour )

Yang Dimaksud dengan Paket Wisata ( Package Tour )
Yang Dimaksud dengan Paket Wisata ( Package Tour )



Yang dimaksud dengan dengan Wisata Paket / Paket Wisata dalam ulasan Tim Lensa Pelancong, dari buku Pendidikan Kepariwisataan adalah wisata dengan cara tetap dan harga yang telah ditetapkan termasuk untuk transfer ( jemput wisatawan di stasiun, pelabuhan laut atau pelabuhan udara, lalu di antar ke tempat penginapan dan kelak mengantarkan ke tempat berangkat ) dan pengangkutan (transport), fasilitas akomodasi (penginapan), wisata dan melihat-lihat keadaan kota, obyek wisata dan hal yang menarik perhatian dan semuanya itu ditetapkan dalam rencana perjalanan.

  Biasanya biaya jauh lebih murah daripada wisata yang di selenggarakan khusus menurut keinginan wisatawan sendiri, lagi pula berlaku selama suatu waktu tertentu.

  Nah, itulah dia yang dimaksud dengan Paket Wisata, anda bisa saja mempunyai persepsi yang berbeda. Apa pendapat anda ?



Buku Pendidikan Kepariwisataan,

Yang Dimaksud / Disebut Wisatawan

Yang Dimaksud / Disebut Wisatawan
Yang Dimaksud / Disebut Wisatawan


Pada dasarnya yang disebut dengan wisatawan - menurut ketetapan IUOTO, yaitu ''International Union of Official Travel Organisations'' = Persatuan Internasional Organisasi Perjalanan Resmi pada tanggal 1 Juli tahun 1960, adalah orang yang :

1. Bepergian demi kesenangan, keluarga, kesehatan dan lain-lainnya.
2. Bepergian untuk menghadiri rapat atau berstatus sebagai wakil lembaga
    ilmiah, pemerintah, diplomasi, agama, organisasi olahraga dan sebagainya.
3. Bepergian untuk urusan bisnis
4. Datang naik kapal pesiar, meskipun tinggalnya kurang dari 24 jam
5. Pelajar, mahasiswa atau anak muda yang tinggal di asrama atau sekolahan



Nah, itulah dia yang dimaksud dengan wisatawan, apa pendapat kamu ?

Lensa Pelancong

Kuliner Jajanan Enak di Semarang Ya Lumpia

Kuliner Jajanan Enak di Semarang Ya Lumpia

Lumpia

Mau tahu jajanan enak di Semarang apa sih ? Kamu boleh jawab apa saja, soalnya di sana anda bisa nemu'in beberapa jajanan kuliner yang enak dan khas dari Kota Semarang. Dan salah satu jajanan kategori kuliner yang enak di Kota Semarang adalah lumpia.

  Sekilas Lumpia dari Kota Semarang ini mempunyai cita rasa yang sangat khas, dan terkadang jajanan yang satu ini menjadi buronan para pecinta kuliner selain daripada ''Wingko Babat'' yang sudah me-langlangbuana di Kota Attlas. Di Pecinan Semarang, atau di Pusat jajanan yang ada di Kota Semarang, dengan mudahnya anda bisa menemukan jajanan enak ini.

  Apa sih Lumpia itu ?

Lumpia adalah makanan ringan yang terbuat dari rebung yang dibungkus dengan lembaran tepung, bisa disajikan dengan digoreng lebih dahulu atau tanpa digoreng. Lumpia selain berisi rebung juga diisi dengan telur ayam dan udang yang dirajang kecil-kecil. Dan kalau anda ingin mencicipi jajanan ini, yuk bisa disajikan dengan saos, acar dan daun bawang.



masak.us, foto
Lensa Pelancong

Pantai Pasir Putih Bandar Lampung

Pantai Pasir Putih Bandar Lampung


Pantai Pasir Putih Bandar Lampung

Pantai Pasir Putih yang berada 16 Km di selatan kota Bandar Lampung adalah pantai yang indah dengan panorama Teluk Lampung yang sangat mengesankan. Sedikit gambaran Pantai Pasir Putih, anda ingin tahu lagi lebih banyak pastinya ?.

  Pantai Pasir Putih ini salah satu Pantai di Bandar Lampung yang keren dan indah. Di pantai ini disediakan sarana wisata yang lumayan beragam untuk keluarga. Selain bisa bermain-main di air laut sepuasnya, anda bisa juga mengajak anak-anak yang masih kecil bermain di laut dengan menggunakan sekoci untuk anak-anak atau ban untuk anak-anak yang sudah besar.

 Asik kan .. berlibur ke Pantai Pasir Putih ?

 Dari pantai ini ( Pasir Putih ) jika hari cerah terlihat sejumlah pulau yang tidak berpenghuni di lepas pantai dan juga Pulau Krakatau di kejauhan. Wisatawan juga bisa menikmati keindahan taman laut yang lokasinya berada di beberapa pulau tak jauh dari Pantai Pasir Putih.




Informasi Pariwisata Nusantara Book,
najwanadirah.blogspot.com, foto


'' Setelah membaca ulasan sekilas tentang Pantai Pasir Putih Bandar Lampung, apa pendapat anda ? ''

Bandar Lampung, Wisata dan Asal-usulnya

Bandar Lampung, Wisata dan Asal-usulnya


Bandar Lampung


Bandar Lampung adalah kota terbesar di Lampung dan merupakan ibukota Provinsi Lampung. Kota Bandar Lampung ini terletak di ujung utara Teluk Lampung. Berbagai obyek wisata seperti wisata pantai, budaya, alam pegunungan atau wisata petualangan di hutan dan sungai, selam dan pancing dapat dengan mudah dijangkau dari kota ini.

  Kayak apa sih, Bandar Lampung dan obyek wisatanya.. ? Obyek wisata di sekitar Bandar Lampung terletak saling berdekatan sehingga perjalanan wisata di daerah ini menjadi sangat menyenangkan karena banyak tempat yang bisa dilihat.

  Bandar Lampung pada mulanya terdiri dari dua kota yaitu Tanjungkarang yang berada di sebuah bukit dan Telukbetung yang berada di tepi Pantai Teluk Lampung. Kedua kota ini kemudian melebur menjadi satu kota dengan nama Bandar Lampung dan menjadi Kota Terbesar ke-empat di Sumatera. Prasarana umum cukup tersedia di Bandar Lampung seperti taksi, bus dalam kota, kereta api dan pusat perbelanjaan.

  Pada masa lalu, Kota Telukbetung adalah kawasan yang paling parah menerima gelombang pasang setinggi 40 m ketika Gunung Krakatau meletus pada tahun 1883. Hampir separuh dari korban tewas akibat letusan Krakatu yang berjumlah 36 ribu jiwa adalah penduduk Telukbetung. Sebuah monumen berupa bambu laut dibangun pada sebuah  bukit di Telukbetung untuk mengenang bencana letusan itu.

 Museum Provinsi Lampung yang berada di Jl Teuku Umar, 5 Km dari pusat kota, memiliki benda-benda pra-sejarah yang berasal dari zaman neolitik. Nah, begitulah sekilas tentang Bandar Lampung, dan asal-usulnya.



Informasi Pariwisata Nusantara Book,
indonesiatourism.org, map
Lensa Pelancong



'' Setala membaca ulasan tentang Bandar Lampung, Wisata dan Asal-usulnya, apa pendapatmu ? ''

Provinsi Lampung

Provinsi Lampung
Provinsi Lampung




Provinsi Lampung yang terletak di ujung selatan Pulau Sumatera merupakan salah satu wilayah yang paling menarik di Indonesia namun justru yang paling sedikit diketahui oleh wisatawan Nusantara. Dibandingkan dengan provinsi lain di Sumatera maka Lampung adalah wilayah yang memperoleh pengaruh paling kuat dari Jawa, khususnya Jakarta. Kenapa ?


  Hal ini disebabkan karena posisi Lampung yang sangat dekat dengan Jawa, hanya dipisahkan oleh Selat Sunda sejauh kurang dari 30 Km.

  Pada masa sebelum kemerdekaan, Lampung dikenal sebagai wilayah yang memiliki penduduk sangat jarang, namun sejak tiga dekade yang lalu penduduk daerah ini meningkat dengan sangat pesat dari hanya 2,5 juta jiwa menjadi delapan juta jiwa saat ini.

  Lampung bahkan telah menjadi wilayah dengan tingkat pertumbuhan penduduk tertinggi di Indonesia. Sebagian besar penduduk Lampung tinggal di sekitar Bandarlampung dan di wilayah pemukiman transmigrasi yang berada di wilayah timur Lampung .

  Saat ini hanya 10 juta penduduk Lampung ( dta 2004) yang merupakan keturunan penduduk asli. Penduduk asli Lampung terdiri dari tiga kelompok masyarakat yaitu Orang Abung yang berasal dari daerah pegunungan di sebelah barat Lampung, Orang Pubian yang berada di kawasan dataran rendah di bagian timur Lampung, Orang Peminggir yang berasal dari kawasan pantai selatan Lampung yaitu Teluk Lampungdan Teluk Semangka.

  Penduduk asli Lampung ini umumnya berbicara dlaam dua bahasa daerah yaitu bahasa Komering dan Bahasa Lampung, namun karena kehadiran begitu banyak pendatang dari Jawa, sebagian penduduk asli ini pun pandai berbahasa Jawa dan Sunda.



Informasi Pariwisata Nusantara Book, Source
Lensa Pelancong


'' Setelah membaca ulasan kilas tentang Provinsi Lampung, apa pendapat anda ? ''

Restoran di Bengkulu

Restoran di Bengkulu
info : Restoran di Bengkulu







Restoran di Bengkulu

Pasir Putih
Jl. Pantai Panjang, Bengkulu
Telp. (0736) 25536

Tassa Cafe
Jl Jend. Sudirman 151, Bengkulu
Telp. (0736) 343973

Simpang Raya
Jl. Soeprapto No. 380A, Bengkulu
Telp. (0736) 21683





Informasi Pariwisata Nusantara Book,
Restoran di Bengkulu
Lensa Pelancong

Biro Perjalanan Wisata Bengkulu

Biro Perjalanan Wisata Bengkulu
Info Biro Perjalanan Wisata Bengkulu







Biro Perjalanan Wisata Bengkulu

Citra Sekar Arum
Jl. Soeprapto 88/18B, Bengkulu
Telp. (0736) 22385

Nala Tour and Travel
Jl. Sedap Malam II No. 21 A,
Bengkulu
Telp. (0736) 20478

Swadaya Tours and Travel
Jl. S. Parman No. 178, Bengkulu
Telp. (0736) 21331




Informasi Pariwisata Nusantara Book,
Biro Perjalanan Wisata Bengkulu
Lensa Pelancong

Daftar Hotel di Rejang Lebang

Daftar Hotel di Rejang Lebang
Daftar Hotel di Rejang Lebang
Info Hotel






Rejang Lebang

Garuda Hotel
Jl. Kassturi No. 9
Telp. (0732) 21482

Nusantara Multi Hotel
Jl. Merdeka No. 91
Telp. (0732) 212213

Wisata Baru Curup Hotel
Jl. Merdeka No. 755
Telp. (0732) 24161

Aman Jaya
Jl. AK. Gani No. 10,
Curup Rejang Lebang
Telp. (0732) 21365

Mutiara
Jl. Sultan Syahrir No. 90,
Argomakmur
Telp. (0737) 21004




Informasi Pariwisata Nusantara Book,
Daftar Hotel di Rejang Lebang
Lensa Pelancong

Daftar Hotel di Bengkulu

Daftar Hotel di Bengkulu
Daftar Hotel di Bengkulu
info Hotel





Bengkulu

Horison
Jl Pantai Nala No. 142,
Anggut Bawah, Bengkulu
Telp. (0736) 21722, 20527

Ragil Kuning Home Stay
Jl. Kenanga No. 99, Bengkulu
Telp. (0736) 344993

Beringin Baru Hotel
Jl. Sutoyo No. 35, Bengkulu
Telp. (0736) 20081

Flamboyan Hotel
Jl. Flamboyan 23, Bengkulu
Telp. (0736) 21650

Pasir Putih Cottage
Panjang Ujung Pantai
Telp. (0736) 25335




Informasi Pariwisata Nusantara Book,
Daftar Hotel di Bengkulu
Lensa Pelancong

Alamat Dinas Pariwisata Bengkulu

Alamat Dinas Pariwisata Bengkulu
Alamat Dinas Pariwisata Bengkulu






Dinas Kebudayaan dan Pariwisata
Provinsi Bengkulu
Jl. P. Tendean No. 17, Bengkulu
Telp. (0736) 21272





Informasi Pariwisata Nusantara Book,
Alamat Dinas Pariwisata Bengkulu
Lensa Pelancong

Taman Nasional Bengkulu

Taman Nasional Bengkulu
Taman Nasional Bengkulu
Wisata Bengkulu, by : Admin




Taman Nasional Bengkulu, kayak apa sih ?


Provinsi Bengkulu memiliki dua taman nasional yang merupakan kawasan perlindungan alam. Di utara terdapat Gunung Bukit Gedang yang merupakan bagian dari Taman Nasional Kerinci-Seblat yang sangat luas.

  Taman ini merupakan rumah bagi hewan-hewan liar seperti gajah Sumatera, badak dan harimau. Di bagian selatan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan yang juga memiliki koleksi hewan liar yang hidup di alam bebas seperti harimau, gajah, buaya dan kambing gunung.

 Nah, itulah dia ulasan singkat tentang Taman Nasional Bengkulu, apa pendapat anda ?.




Informasi Pariwisata Nusantara Book,
Lensa Pelancong

Bukit Kaba Bengkulu

Bukit Kaba Bengkulu
Wisata Bukit Bengkulu, by : Admin


Bukit Kaba Bengkulu


Ada yang pernah Hiking ke Bukit Kaba Bengkulu ?

Jika menyukai wisata petualangan, Anda dapat mendaki hingga ke puncak gunung Kaba yang mempunyai ketinggian 1,937 meter yang terletak 19 Km di timur Curup. Dari Pusat kota Curup, anda dapat menggunakan kendaraan pribadi menuju ke arah Lubuk Linggau sejauh 16 Km hingga tiba di persimpangan yang menuju ke Posko pendakian ke kawah Kaba .

  Gunung Kaba ini memiliki dua kawah yang mengeluarkan gas belerang da dikelilingi hutan lebat. Nah, ini dia yang menjadi unik dengan salah satu wisata pendakian di Bengkulu ini. Anda tertarik untuk hiking kesana ? yukkk,..




Informasi Pariwisata Nusantara Book,
potensidaerah.ugm.ac.id, foto

Kota Curup Bengkulu

Kota Curup Bengkulu



Kota Curup Bengkulu

Kota Curup yang terletak di sekitar 85 Km di timur laut Kota Bengkulu adalah sebuah kota kecil yang terletak di suatu lembah di kaki pegunungan Bukit Barisan. Kawasan lembah di tempat ini merupakan salah satu sumber air bagi Sungai Musi yang mengalir hingga ke Kota Palembang. Kota Pegunungan yang berhawa dingin dapat dicapai dengan bis selama tiga jam yang berangkat dari pusat pasar kota Bengkulu.

  Kondisi jalan antara Bengkulu dan Curup relatif cukup baik, jalan ini menanjak melewati hutan di kawasan pegunungan Bukit Barisan. Dari ketinggian bukit terlihat pemandangan kota Bengkulu dan Samudera Indonesia yang membentang luas menyajikan panorama yang sangat indah.

  Kawasan di sekitar Curup merupakan kawasan pertanian yang menghasilkan padi dan sayuran seperti wortel dan kubis yang dijual di pasar Kota Curup. Tempat-tempat penggilingan padi yang digerakkan dengan tenaga air dapat ditemui di kawasan persawahan di sekitar Curup.

  Penduduk di desa di sekitar Curup ini masih tinggal di rumah adat panggung yang terbuat dari kayu. Kota Curup sebagai kota yang terletak ditengah-tengah antara kota Bengkulu dan Lubuk Linggau ini memiliki beberapa tempat menarik untuk dikunjungi .

  Tempat-tempat tersebut berada di di sekitar Bukit Barisan antara lain : mata air panasdan air terjun, tempat ini dikenal sebagai Lokasi Wisata Suban Air Panas. Tempat ini cukup ramai dikunjungi orang pada akhir minggu. Dahulu, pada zama Hindu kawasan ini digunakan sebagai tempat beribadah dan bersamadi bagi penganut agama Hindu.

  Dari Curup terdapat jalan utara ke Muara Aman. Pada masa kolonial dulu tempat ini merupakan pusat penambangan emas. Jalan yang menuju ke Muara Aman ini akan melewati suatu kawasan wisata Danau Tes yang populer di kalangan wisata setempat. Danau cantik yang terletak di pegunungan Bukit Barisan ini merupakan danau terbesar di Bengkulu.



radarbengkulu.web.id, foto
Informasi Pariwisata Nusantara Book,


'' Setelah membaca ulasan tentang Kota Curup Bengkulu, apa pendapat anda ? ''



Wisata Alam di Bengkulu

Wisata Alam di Bengkulu
Wisata Alam di Bengkulu
by : Admin







Wisata alam yang ada di sekitar Kota Bengkulu antara lain Pantai Naia yang memanjang ke selatan hingga menyambung ke Pantai Panjang Gading Cempaka. Pantai ini memiliki ombak yang cukup besar serta arus bawah yang cukup kuat sehingga pengunjung harus hati-hati jika ingin berenang di Pantai. Berenanglah di lokasi yang dinyatakan aman.

  Danau Dendam Tak Sudah terletak sekitar 8 Km di tenggara Kota Bengkulu. Tempat ini cukup menarik bagi pengunjung yang menyukai wisata alam dengan panorama yang cukup indah. Danau ini dikelilingi bukit, dan dari puncak bukit ini terlihat pegunungan Bukit Barisan dari kejauhan. Di bagian utara danau ini terdapat kawasan perlindungan alam dimana tumbuh anggrek air liar ( Vanda Hookeriana ).

  Pulau Tikus terletak 5 Km di lepas pantai Bengkulu. Pulau karang berukuran panjang 100 meter dan lebar 60 meter ini merupakan bagian atas batu karang yang menonjol keluar dari permukaan laut, sedangkan sebagian besar pulau ini adalah karang yang berada di bawah permukaan laut.



Informasi Pariwisata Nusantara Book,
Lensa Pelancong

Museum Negeri Bengkulu

Museum Negeri Bengkulu
Wisata Bengkulu, by : Admin


Museum Negeri Bengkulu

Pernah berkunjung ke Museum Negeri Bengkulu

Nah, tempat lain yang dapat anda kunjungi selama berada di Kota Bengkulu antara lain, Museum Negeri Bengkulu. Museum Negeri Bengkulu terletak di Padang Harapan di dekat kantor wisata di Jl Pembangunan. Museum ini memiliki koleksi mulai dari batu-batu pra-sejarah, gedung tembaga kuno dan rumah adat kayu.

  Koleksi-koleksi lain yang ada di Museum Negeri Bengkulu adalah kain batik Bengkulu yang disebut kain besuruh dengan motif gabungan antara kaligrafi Arab dan motif matahari dari Majapahit. Di museum ini juga terdapat tekstil dari Pulau Enggano beserta alat tenunnya.

  Benda lain yang ada di Museum Negeri Bengkulu adalah Tabut. Tabut yaitu sebuah menara setinggi sekitar 10 meter terbuat dari kayu dan kertas yang digunakan dalam arak-arakan melalui Kota Bengkulu untuk memperingati kematian Hussein.

  Siapakah Hussein ? beliau adalah cucu Nabi Muhammad SAW yang tewas dalam pertempuran Karbala di Iran pada tahun 680. Acara mengarak Tabut ini merupakan tradisi peninggalan aliran Shiah di Bengkulu dan diadakan setiap tanggal 10 Muharram.



Informasi Pariwisata Nusantara Book,
bengkulu-online.com, foto



'' Setelah membaca ulasan tentang Museum Negeri Bengkulu, apa pendapat / komentar anda ? ''

Masjid Jamik Bengkulu

Masjid Jamik Bengkulu
by : Admin

Masjid Jamik Bengkulu


Ada yang pernah berkunjung ke Masjid Jamik Bengkulu ?


Selama masa pembuangannya di Bengkulu, Ir. Soekarno adalah seorang insinyur bangunan, merenovasi sebuah masjid tua yang berada di tengah kota Bengkulu tepatnya di persimpangan Jl Sudirman dan Jl Suprapto.

  Masjid Jamik Bengkulu juga dikenal sebagai Masjid Bung Karno. Renovasi masjid dilaksanakan pada tahun 1938, Bung Karno selain berperan sebagai arsitek dan membuat maket Masjid Jamik, juga mengawasi langsung proses pemugarannya serta memilih sendiri bahan-bahan yang akan digunakan.

  Nah, itulah dia ulasan singkat tentang masjid Jamik Bengkulu yang juga sering disebut sebagai Masjid Bung Karno, apa pendapat anda ?.



Informasi Pariwisata Nusantara Book,
bujangmasjid.blogspot.com, foto

Rumah Soekarno di Bengkulu

Rumah Soekarno di Bengkulu
Wisata Sejarah, Bengkulu


Rumah Kediaman Ir. Soekarno di Bengkulu


Ada yang pernah tahu perihal Rumah Bapak Presiden kita Ir. Soekarno di Bengkulu ?



Jika anda berjalan kaki dari Monumen Inggris ke timur maka Anda akan menemui bekas rumah Proklamator Kemerdekaan dan Presiden Indonesia pertama yakni Ir. Soekarno. Rumah ini ditempati Soekarno bersama istrinya Inggit dan putri angkat mereka Ratna Juami selama Soekarno dibuang oleh Belanda  ke Bengkulu antara tahun 1938 hingga 1941.

  Nah, setelah membaca ulasan sangat singkat dari Lensa Pelancong, berdasarkan sumber buku Informasi Pariwisata Nusantara, apa pendapat dan komentar anda ?



Informasi Pariwisata Nusantara Book,
mondasiregar.wordpress.com, foto

Makam Eropa at Bengkulu

Makam Eropa at Bengkulu
Makam Eropa at Bengkulu
Wisata Bengkulu, by : Admin



Ada yang pernah dengar / melancong ke Makan Eropa at Bengkulu ?

Nah, beberapa ratus meter di utara Monumen Inggris terdapat pemakaman Eropa yang berada di belakang sebuah gereja kecil di Jl Ditra. Orang-orang yang dimakamkan disini adalah kau kolonial asal Inggris dan Belanda yang sebagian besar tewas karena penyakit Malaria yang menyerang mereka pada akhir abad ke-18 dan 19.

  Tiga anak Raffles yang meninggal karena serangan malaria diduga dikubur di pemakaman ini. Sayangnya banyak makam yang berada di kompleks ini telah dirusak oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

  Nah, setelah membaca ulasan singkat tentang Makam Eropa yang ada di Bengkulu ini, apa komentar atau pendapat anda ?.



Informasi Pariwisata Nusantara Book,
Lensa Pelancong

Monumen Inggris Bengkulu

Monumen Inggris Bengkulu
Monumen Inggris at Bengkulu




Dari jalan Ahmad Yani menuju ke timur, di Jalan Santosa, terdapat monumen peninggalan kolonial Belanda lainnya yaitu Monumen Inggris yang berada di dekat pantai. Monumen ini dibangun untuk mengenang Kapten Robert Hamilton.

  Siapakah Kapten Robert Hamilton ?

Dia adalah seorang pemimpin pasukan Inggris yang tewas pada tahun 1793. Nah, itulah dia sekilas tentang Monumen Inggris yang terletak di Bengkulu. Apa pendapatmu ?



Informasi Pariwisata Nusantara Book,
Lensa Pelancong

Benteng Marlborough Bengkulu

Benteng Marlborough Bengkulu


Benteng Marlborough

Ada yang sudah melancong ke Benteng Marlborough ? 


Benteng Marlborough terletak tidak jauh dari Monumen Thomas Parr di ujung Jl. Ahmad Yani. Pada tahun 1719, Benteng Marlborough menjadi pusat kedudukan tentara Inggris di Bengkulu. Benteng berbentuk segi-empat dengan ukuran panjang 240 meter dan lebar 170 meter ini didirikan oleh The British East India Company pada tahun 1713 dan selesai pada 1719.

  Marlborough dibangun untuk menggantikan benteng di dekatnya yang ada sebelumnya bernama Fort York, namun benteng Fort York ini sekarang sudah tidak terlihat lagi bentuknya kecuali hanya sisa-sisa fondasinya saja yang masih ada.

  Benteng Marlborough pernah diserang dan jatuh dua kali ke tangan para penyerangnya, pertama pada tahun 1719 oleh armada angkatan laut Perancisyang kebetulan lewat di perairan Bengkulu. Pada tahun 1825 benteng ini digunakan oleh Belanda hingga kedatangan Jepang pada tahun 1942. Di sini terdapat ruang tahanan Presiden Soekarno ketika ia pertama kali tiba di Bengkulu dalam pembuangan sebelum dipindahkan ke sebuah rumah di pusat Kota Bengkulu.

  Nah, saat ini Benteng Marlborough telah dijadikan museum yang terbuka untuk umum. Museum kecil ini memiliki koleksi antara lain benda-benda ukiran tua dan salinan surat-surat dari masa pemerintahan Inggris.




Informasi Pariwisata Nusantara Book,
1001malam.com, foto


''Setelah membaca ulasan singkat tentang Benteng Marlborough, apa Komentar kamu ?''

Monumen Thomas Parr

Monumen Thomas Parr
Wisata Bengkulu, by : Admin

Monumen Thomas Parr

Ada yang pernah dengar Monumen Thomas Parr

Jala-jalan ke Kota Bengkulu untuk melihat-lihat berbagai peninggalan kolonial dapat dimulai dari ujung barat Jl.Jend A. Yani. Di sini terdapat Monumen Thomas Parr, yakni monumen peninggalan Inggris yang terletak di depan Pasar Barukota ini dibangun untuk mengenang Thomas Parr. Lantas siapakah dia ?

  Thomas Parr adalah seorang Gubernur Bengkulu dari Inggris yang tewas ditikam dan kemudian dipenggal kepalanya oleh penduduk setempat pada tahun 1807 ketika ia tengah beristirahat di rumahnya.

  Thomas Parr diduga dibunuh oleh orang-orang Bugis yang bekerja sebagai anggota keamanan perusahaan dagang Inggris ( East India Company ). Thomas Parr merasa khawatir dengan perkembangan kekuatan pasukan Bugis ini dan berupaya untuk mengurangi peran mereka, namun orang Bugis tidak senang hingga akhirnya ia terbunuh.

  Inggris membalas kematian Parr dengan menembaki sejumlah penguasa lokal yang dicurigai berada di balik pembunuhan tersebut dan membumihanguskan desa-desa tempat tinggal mereka.

  



Nah, itulah dia cerita dongeng sekilas tentang sejarah Monumen Thomas Parr, Apa Komentar dan pendapat kamu ?.

Informasi Pariwisata Nusantara Book,
nusapedia.com,  foto


Provinsi Bengkulu

Provinsi Bengkulu


Provinsi Bengkulu, peta bawah


Provinsi Bengkulu dengan luas wilayah sekitar 21 ribu Km2 merupakan provinsi terkecil di Sumatera memiliki jumlah penduduk kurang dari satu juta jiwa. Secara Geografis, wilayah Bengkulu terbagi atas dua bagian yaitu kawasan pantai dan kawasan pegunungan Bukit Barisan yang ditutupi hutan lebat.

  Kawasan hutan Bukit Barisan ( at Bengkulu ) ini masih dihuni berbagai hewan liar seperti harimau, gajah dan badak. Di kawasan hutan ini tumbuh bunga terbesar di dunia yaitu Raflesia Arnoldi.

  Orang Bengkulu terdiri atas dua kelompok besar yaitu Orang Rejang dan Orang Serawai. Orang Rejang ini terbagi atas dua bagian lagi yaitu mereka yang tinggal di wilayah dataran tinggi dan mereka yang tinggal di sekitar pantai yang disebut Rejang Pesisir.

  Orang Serawai bermukim di kawasan pegunungan di dekat Pagaralam dan Gunung Dempo. Di ibukota Bengkulu sendiri penduduknya kebanyakan adalah orang Melayu.

  Itulah dia wawasan singkat yang kami hadirkan ( Lensa Pelancong ) dari buku Informasi Pariwisata Nusantara dan bisa dijadikan wawasan anda ketika melancong, berlibur atau pengen tahu banyak tentang Provinsi Bengkulu.





peta by : this1sblog.blogspot.com
Lensa Pelancong
Post of Provinsi Bengkulu

Toko Cinderamata di Bangka Belitung

Toko Cinderamata di Bangka Belitung
Toko Cinderamata di Bangka Belitung







Toko Cinderamata

* LCK SHOP
   Jl. Jend. Sudirman No. 21,
   Pangkal Pinang
   Telp. (0717) 424615


* PEWTER /TIM MALT HANDICRAFT
   Jl. Peltim, Muntok
   Telp. (0716) 21397


* RENDA / CROCHET HANDICRAFT
   Jl. Yos Sudarso,
   Kampung Padalarang, Beliyu






Informasi Pariwisata Nusantara Book,
post of Toko Cinderamata di Bangka Belitung
Lensa Pelancong

Restoran / Rumah Makan di Bangka Belitung

Restoran / Rumah Makan di Bangka Belitung
Restoran / Rumah Makan di Bangka Belitung
info restoran / rumah makan







Restoran / Rumah Makan di Bangka & Belitung

* ASUI
   Jl. Kampung Bintang,
   Pangkal Pinang
   Telp. (0717) 423772


* BIRU LAUT
   Jl. Pantai Pasir Padi, Pangkal Pinang
   Telp. 0811 717325


* PONDOK KELAPA
   Jl. Pantai Pasir Padi, Pangkal Pinang
   Telp. (0717) 432419


* SRI AYU II
   Jl. K.H. Agus Salim No. 2, Sungailiat
   Telp. (0717) 93175


* SINGGAH LAUT
   Jl. Patimura, Tanjung Pandan
   Telp. (0719)  21424









Informasi Pariwisata Nusantara Book,
Post of Restoran / Rumah Makan di Bangka Belitung
Lensa Pelancong

Biro Perjalanan di Bangka Belitung

Biro Perjalanan di Bangka Belitung
Biro Perjalanan di Bangka Belitung






Biro Perjalanan

* PRIAVENTURA TOUR
   Jl. Jend. Sudirman, Pangkal Pinang
   Telp. (0717) 427 559


* CARMETA AMPUH TOUR
   Jl. Jend. Sudirman 35 A
   Telp. (0717) 431779
 
 
* MBR TOUR
   Jl. Jend. Sudirman, Sungailiat
   Telp. (0717) 920905


* EAGLE TRIPLEY
   Jl. Jend. Sudirman 16,
   Tenjung Pandan


* BELA WISATA
   Jl. Imam Bonjol 118, Sungailiat
   Telp. (0717) 92153, 95251
 



Informasi Pariwisata Nusanatara Book,
Post of Biro Perjalanan di Bangka Belitung
Lensa Pelancong

Hotel di Muntok dan Belitung

Hotel di Muntok dan Belitung
Hotel di Muntok dan Belitung







Hotel di Muntok


* TIN PALACE HOTEL
   Jl. Terminal Bus Muntok
   Telp. (0719) 21065

* MUNTOK HOTEL
   Jl. Jend. A. Yani No. 40



Hotel di Belitung


* MARTANI HOTEL PT
   Jl. Yos Sudarso
   Telp. (0719) 21432, 21433

* CITRA 4 HOTEL
   Jl. Masjid Jamik No. 43
   Telp. (0719)  91216

* PANTAI BELITUNG PERMAI WISMA
   Jl. Kemuning
   Telp. (0719) 21659, 22310





Informasi Pariwisata Nusantara Book,
post of Hotel di Muntok dan Belitung
Lensa Pelancong

Hotel di Pangkal Pinang

Hotel di Pangkal Pinang
Hotel di Pangkal Pinang







Hotel di Pangkal Pinang


* Hotel Mnumbang
   Jl. Gereja No.5, Pangkal Pinang
   Telp. (0717) 422991


* Hotel Bukit Sofa
   Jl. Masjid Jamik No. 43
   Telp. (0717) 421062


* Hotel Wisma Jaya
   Jl. Depati Amir No. 8
   Telp. (0717) 423047


* Hotel Sabrina 
   Jl. Diponegoro No. 73,
   Pangkal Pinang
   Telp. (0717)  422424







Informasi Pariwisata Nusantara Book,
Post of Hotel di Pangkal Pinang
Lensa Pelancong





Hotel di Sungai Liat

Hotel di Sungai Liat
Hotel di Sungai Liat





Hotel di Sungai Liat

* Hotel Parai Indah
   Jl. Pantai Parai Tenggiri, Sungailiat
   Telp. (0717) 9488, 9401


* Hotel Tanjung Pesona
   Jl. Pantai Rabo, Sungailiat
   Telp. (0717) 92796


* Hotel Bangka Permai
   Jl. Jend. Sudirman No. 173, Sungailiat
   Telp. (0717) 92070







Informasi Pariwisata Nusantara Book,
Post of Hotel di Sungai Liat
Lensa Pelancong

Alamat dan Contact Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bangka dan Belitung

Alamat dan Contact Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bangka dan Belitung
Alamat dan Contact Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bangka dan Belitung






Kantor Dinas Perhubungan dan 
Pariwisata Prov. Kep. Bangka
Belitung
Jl. Merdeka No. 4 ( Ex Wisma Timah
IV), Pangkal Pinang
Telp.   (0717)   437705
           ex.  122, 124, 218



Kantor Dinas Perhubungan & 
Pariwisata Kab. Bangka
Jl. Jend. A. Yani, Sungailiat
Telp. (0717)  92496


Kantor Dinas Pariwisata &
Kebudayaan Kota Pangkal Pinang
Jl. Rasakunda, Bukit Intan, Pangkal Pinang
Telp.  (0717)  439175


Kantor Dinas Pendidikan &
Pariwisata Kab. Belitung
Jl. Sekolah No. 23,
Tanjung Pandan
Telp.  (0719)   21398









Informasi Pariwisata Nusantara Book,
Lensa Pelancong

Pantai Burung Mandi

Pantai Burung Mandi


Pantai Burung Mandi


Pantai Burung Mandi terletak di wilayah timur Pulau Belitung di utara Kota Manggar, atau 90 Km dari timur Tanjung Pandan. Di atas sebuah karang di pantai ini terdapat sebuah klenteng Cina yang dibangun untuk memuja Dewi Guan Yin, yaitu dewi kesuburan yang dipercaya dapat membantu pasangan yang ingin memiliki keturunan.

  Pantai di tempat ini memang tidak seputih pantai lainnya di Pulau Belitung namun tempat ini sangat bagus untuk menikmati terbitnya matahari.

 Perjalanan dari Tanjung Pandan menuju ke Pantai Burung Mandi akan melewati Gunung Tajam yang merupakan puncak tertinggi di Belitung dimana di puncak terdapat sumber mata air, air terjun dan danau. Di puncak gunung ini juga terdapat makam tua Datuk Gunung Tajam yang membawa agama Islam ke Belitung dan Aceh pada abad ke-16.




Informasi Pariwisata Nusantara Book,
belitung4.blogspot.com
Lensa Pelancong


'' Setelah membaca sekilas ulasan tentang Pantai Burung Mandi, apa komentar anda ? ''

Lumpia, Makanan Khas dan Terkenal di Kota Semarang

Lumpia, Makanan Khas dan Terkenal di Kota Semarang

Lumpia Kota Semarang

Adakah yang pernah nyoba kuliner khas dari Kota Semarang yang namanya Lumpia. Nah, kalau kamu paham dengan Kota Semarang, potensi wisata serta kulinernya, kamu akan mengatakan '' Lumpia itu makanan terkenal di Kota Semarang.

  Sekilas lumpia dari Kota Semarang ini mempunyai cita rasa yang khas dan terkadang ada yang bilang lumpia yang dari Kota Semarang ini lebih enak dibanding dengan yang lain, ya ini adalah opini dan anda bisa membuktikannya sendiri.

  Lumpia terbuat dari rebung yang dibungkus dengan lembaran tepung, bisa disajikan dengan digoreng lebih dahulu atau tanpa digoreng. Lumpia selain berisi rebung juga diisi dengan telur ayam dan udang yang dirajang kecil-kecil. Dan kalau kamu mau mencoba Lumpia Kota Semarang ini, yuk disajikan dengan saos, acar dan daun bawang.



Lumpia Khas Kota Semarang, Lensa Pelancong
masak.us,   foto

Pantai Teluk Gembira, Teluk di Pulau Belitung

Pantai Teluk Gembira, Teluk di Pulau Belitung


Pantai Teluk Gembira


Ketika anda berlibur ke sekitaran pantai yang ada di Pulau Belitung, pantai indah lainnya selain Pantai di Pulau Lengkuas, anda akan menemukan keindahan sebuah pantai di Teluk Gembira. Teluk Gembira ini terletak berada di selatan Mamblong.

  Secara persis Pantai Teluk Gembira terletak di ujung barat daya Pulau Belitung  atau 60 Km dari Tanjung Pandan. Dari Pantai ini anda dapat menyewa perahu ke pulau Mendanau dimana pada masa lalu, menurut ceritanya, para bajak laut menyimpan harta hasil rampokan dari gua-gua yang berada di antara berbagai formasi batu-batu karang yang terdapat di pantai pulau ini.

  Setelah membaca ulasan singkat tentang Teluk Gembira, apa yang terlintas di fikiran anda, dan apa komentar yang muncul di benak anda ?. Dan apakah anda tertarik buat melancong ke Belitung ?




Informasi Pariwisata Nusantara Book,
kakigatel.com,    foto
Lensa Pelancong

Pulau Lengkuas, Wisata Pulau di Belitung

Pulau Lengkuas, Wisata Pulau di Belitung

Foto Pulau Lengkuas


Pulau Lengkuas, ada yang pernah melancongan sambil foto-foto disana ?. Nah, Pulau Lengkuas ini adalah satu satu pulau tujuan wisata ketika para wisatawan berkunjung ke Bangka dan Belitung. Ketika kesana, wisatawan dapat menyewa perahu motor untuk pergi ke pulau-pulau kecil di dekat Belitung dimana sejumlah pantai-pantai yang lebih indah menanti anda.

  Di Pulau Lengkuas terdapat sebuah menara suar dan kawasan pantai dimana kura-kura menetaskan telurnya, wah bakalan asyik ya.

 Di pantai utara pulau ini terdapat batu-batu kecil berwarna hitam yang berada di antaranya pepohonan yang dinamakan Billitonites yang dipercaya sebagai pecahan dari meteor yang jatuh pada masa lalu, keren banget kan pulau di Belitung ini.





Informasi Pariwisata Nusantara Book,
citydirectory.co.id,  foto









'' Setelah membaca ulasan singkat tentang Pulau Lengkuas sebagai tujuan destinasi Pulau di Belitung, apa pendapat dan komentar anda ???'''










Pesona Indah Pantai Dreamland Bali ( Pantai Baru )

Pesona Indah Pantai Dreamland Bali ( Pantai Baru )


Pantai Dreamland Bali adalah salah satu dari sekian banyak keindahan pantai yang ada di Pulau Dewata, Bali. Bisa dikatakan Pantai Dreamland adalah pantai baru yang pesonanya tidak kalah dengan pantai-pantai lain yang ada di Bali, Indonesia, seperti kata sahabat d'Lensa, cak #Dhimas.

  Walau dikatakan masih baru, pengunjung dari pantai nan indah ini sangat lumayan banyak, diantaranya adalah wisatawan domestik dan mancanegara.

 Pantai Dreamland sangat pantas jika di sejajarkan dengan pantai-pantai lainnya di Pulau Bali dalam hal keindahan, bahkan bisa lebih menarik. Salah satu keunikannya antara lain karang-karang yang menjulang tinggi di pinggiran pantai, ombak yang cukup besar dan cocok buat para penggemar olahraga surfing bagi para pecinta selancar.

  Beberapa fasilitas yang ada di Pantai Dreamland antara lain :

> Lapangan Golf
> Beberapa Villa
> Perumahan
> Minimarket
> dan lain lain


''Nah, setelah membaca ulasan di atas, apa pendapat anda dan apakah anda tertarik untuk mengunjungi Pantai Dreamland ???''



Salam Hangat,
Lensa Pelancong
By Dhimas dkk



Alamat dan Contact Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) DPD Jawa Barat

Alamat dan Contact Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) DPD Jawa Barat



Secretariat
Himpunan Pramuwisata Indonesia DPD Jawa Barat
The Indonesian Tourist Guide Association
Bandung West Java Chapter


Addres :
Kantor Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat
Jl. LL. RE Martadinata 209 Bandung 40119
Telp. (+62) 022 - 7234657 ( Monday to Friday - office hours )
email : hpibandung@hotmail.com
http.//hpibandungwestjava.wordpress.com




Info by : Informasi Pariwisata Jawa Barat Book
Lensa Pelancong

Pantai Tanjung Kelayang

Pantai Tanjung Kelayang

Pantai Tanjung Kelayang



Pantai Tanjung Kelayang terletak di 35 Km utara Tanjung Pandan dan memiliki pantai berpasir putih yang berkilau dibawah sinar matahari dengan air laut yang membiru seperti warna langit di atasnya. Nah, lokasi wisata pantai yang terbaik terdapat di bagian utara Pulau Belitung, menghadap ke Laut Cina Selatan ya Pantai Tanjung Kelayang ini.

  Yang bikin Pantai Tanjung Kelayang nampak indah lagi nih, Berbagai formasi batu karang memperindah suasana pantai di pulau ini ( Pulau Belitung ).

  Dari Pantai Tanjung Kelayang, Anda dapat berjalan kaki sejauh 2 Km ke timur menyusuri pantai, melewati sejumlah teluk kecil, ke Tanjung Tinggi dimana anda dapat berenang atau menikmati angin laut yang berhembus sepoi-sepoi tanpa terganggu oleh siapapun. Jangan lupa membawa tas piknik untuk persiapan makan siang jika anda pergi ke tempat ini.

  Menarik banget kan kalau melihat Pantai Tanjung Kelayang, apalagi kalau kita lihatnya secara langsung, asti lebih keren. Bisa ambil jalan atau melancongan dan bawa kamera.



tour.bangkabelitung123.com, foto
Informasi Pariwisata Nusnatara Book,
Lensa Pelancong

Bangka dan Belitung, Wisata Pantai Terindah di Asia Tenggara

Bangka dan Belitung

Bangka dan Belitung

Provinsi Bangka dan Belitung ( Babel ) terdiri atas dua pulau besar yaitu Pulau Bangka dan Pulau Belitung. Kedua pulau ini terletak berdampingan dan berada di selatan Laut Cina Selatan. Pulau Bangka terletak sekitar 25 Km di timur lepas pantai Sumatera Selatan sedangkan Pulau Belitung berada di tenggara Pulau Bangka. Pernah ke Pulau Bangka dan Belitung ?

   Pulau Bangka dan Belitung memang kurang begitu dikenal sebagai kawasan tujuan wisata sehingga tidak banyak turis datang ke wilayah ini ( ket th 2004), namun mungkin tidak banyak yang tahu bahwa kedua pulau ini memiliki kawasan pantai yang indah. So, kalau pantainya menarik dan indah sobat bisa menjadi pelancong yang bahagia karena anda bakalan menangkap sesuatu yang indah di Lensa kamera anda.

  Pulau Bangka dan Belitung bahkan memiliki sejumlah pantai yang paling indah di Asia Tenggara. Kedua pulau ini pun dapat dicapai dengan mudah, hanya sekitar setengah jam penerbangan dari Palembang. Menjadi Traveller atau Pelancong disana adalah sesuatu yang beruntung bagi anda barangkali.

  Nah, tapi saat ini, Bangka dan Belitung sudah cukup terkenal karena memiliki pantai yang indah. Kebanyakan wisatawan / traveller / pelancong yang datang ke pulau ini adalah untuk menikmati pantai laut yang berpasir putih.

  Pantai Hakok atau Pantai Parai Tenggiri di utara pangkal pinang merupakan kawasan teluk yang dihiasi dengan bebatuan karang besar yang sangat indah dengan fasilitas hotel terbesar yang ada di pulau ini. Pantai lainnya adalah Pantai Matras dan Romodong dengan airnya yang jernih, tenang dengan hamparan pasir yang luas.



'' Setelah membaca ulasan tentang Pulau Bangka dan Belitung, apa sih komentar kamu ??? ''


Informasi Pariwisata Nusantara Book,
cakrabuanabangkabelitungtour.com, foto

Informasi Rental Mobil Borobudur, Magelang

Informasi Rental Mobil Borobudur, Magelang

Rental Mobil Borobudur ( Borobudur Car Rental )

Bukan hal yang sulit lagi bagi anda, untuk mencari informasi rental mobil yang ada di Borobudur. Memang dulunya keperluan jasa rental mobil di Borobudur belum begitu diperhatikan, tapi baru beberapa tahun ini rental mobil di Borobudur Magelang sudah bisa anda cari dengan mudah.
 Borobudur Car Rental menjawab solusi permasalahan transportasi ketika wana wisata ke Borobudur sedang membutuhkan informasi rental Mobil yang murah, aman dan nyaman. Nah, ini dia yang dimaksud dengan info rental mobil di tahun 2013 dan kedepan.

  Rental Mobil Borobudur, dari Borobudur Car Rental kini sudah mampu melayani kebutuhan jasa rental mobil dengan supir, drop-drop wisatawan ke bandara, city tour dan lain-lain.

  Beberapa kenadaraan mobil rental yang disediakan Borobudur Car Rental antara lain mobil All New Avanza, Xenia, Avanza, Grand Livina, APV Arena dan yang lain.

 Nah, yang bikin mudah lagi nih terkait '' Informasi Rental Mobil Borobudur'' jasa tranportasi yang satu ini kini selalu buka selama 24 jam dan dapat anda akses juga melalui dunia maya, website Rental Mobil Borobudur atau melalui jaringan Facebook Fanspage Rental Mobil Magelang.

  Oke kawan, kalau anda butuh jasa rental yang aman, nyaman dan mudah. Anda bisa menghubungi Borobudur Car Rental kapanpun anda mau. Mau buat jalan-jalan, melancongan atau plesir atau keprluan city tour semua bisa.



Advertorial by : Lensa Pelancong


Indahnya Perjalanan Wisata Para Pelancong

Indahnya Perjalanan Wisata Para Pelancong
By : Admin dkk

Perjalanan Wisata, Lensa Pelancong

   Dunia wisata itu mengasyikkan, apalagi kalau kita bisa mengambil banyak manfaat darinya. Sebuah perjalanan wisata itu adalah hal yang indah dalam dunia travelling atau plesiran. Dan yang lebih membuat kamu akan merasa lebih baik dalam hidup adalah sesuatu yang berguna jika kamu melakukan observasi, pengenalan alam, budaya dan sesuatu yang ada di negeri tercinta.

  Seperti perjalanan para pelancong yang selalu menyibukkan diri dengan dunia lensa, dunia wawasan yang tak terbatas dan bahkan dunia budaya serta seni. Ketika anda berkunjung ke suatu tempat, anda akan menemukan sesuatu yang baru dan itu adalah nutrisi yang bagus untuk semangat hidup, dan kita menyebutnya ''Refeshing !'' dan penyegaran dari segala kepenatan.

  Hal terindah dalam perjalanan wisata tentunya bisa menjadi bagian dari keindahan sebuah hidup, keindahan sebuah ciptaan dan keindahan kebersamaan bersama kawan-kawan yang ikut merasakan indahnya sebuah perjalanan.

 Barangkali sesuatu yang kita sampaikan agak abstrak, akan tetapi sesuatu itu simple dan syarat akan makna, sebagaimana perjalanan sebuah hidup ''Mentadzaburi diri sendiri dan mentadzaburi alam untuk mengenal diri sendiri dan alam''.



Catatan Ekspedisi Lensa Pelancong,
Punya kisah menarik dari jalan2 kemana saja,
kirim ke : Lensapelancong@gmail.com

Info Perum Perhutani Unit I

Info Perum Perhutani Unit I
Info Perum Perhutani Unit I


PERUM PERHUTANI UNIT I
Kesatuan Bisnis Mandiri ( KBM )
Jasa Lingkungan & Produksi Lalinnya (JLPL)
Jl. K.H.Ahmad Dahlan No. 45 Semarang 50136 Indonesia
Telephone 62-24-8319007 facsimile 62-24-8418059
email : info@ecotourismperhutani.com
www.ecotourismperhutani.com





Itulah dia, info terkait Perum Perhutani, terkait alamat kantor, website dan lain-lain
info by : Perhutani Eco Tourism
Lensa Pelancong web publisher

Wisma Sekipan Karanganyar

Wisma Sekipan Karanganyar
Wisma Sekipan Karanganyar



Wisma Sekipan, Wana Wisata Sekipan terletak 31 Km ke arah timur Kota Karanganyar, dengan ketinggian sekitar 1.100 meter di bawah permukaan laut. Wisma Sekipan menyajikan suasana hutan dan keindahan alam, selain itu juga udara yang sejuk dan suasana yang nyaman.

  So, berwisata, jalan-jalan atau melancongan ke wana wisata ke Sekipan itu pasti bakalan menyenangkan bukan ? dengan udara dan hawa yang sejuk tersebut.

 Di Wisma Sekipan memiliki dua (2) Wisma Perhutani yang masing-masing memiliki 2 kamar dengan fasilitas yang memadai, menjadikan tempat yang nyaman untuk beristirahat.

  Ketika anda bepergian ke Kota Karanganyar, atau hanya berkunjung ke ''Wana Wisata Sekipan'' dan anda butuh jasa penginapan atau akomodasi, anda bisa menggunakan atau menghubungi Wisma Wisata Sekipan sebagai pilihan anda.

Info : 081319339885 ( Aulia )
         085640301077 ( Sapta )



Info by : Perum Perhutani
Writed by Lensa Pelancong
Wisma Sekipan Karanganyar

Wisma Kopeng, Getasan, Semarang

Wisma Kopeng, Getasan, Semarang
Wisma Kopeng, Getasan, Semarang



Wisma Kopeng terletak di wana wisata Kopeng, Kecamatan Getasan, Semarang, Jawa Tengah atau sekitar 15 Km dari kota Salatiga.

  Nah, di wisma Kopeng ada (2) dua wisma Perhutani yang menyediakan masing-masing 3 ( tiga) kamar dengan fasilitas ruang tamu, air panas, televisi, bathtub serta shower.

  Keunggulan dari Wisma Kopeng adalah lokasi ideal yang bisa digunakan sebagai rekreasi keluarga, perumahan, outbond dan acara rapat serta seminar. Untuk arena Outbond bekerjasama dengan ''Kopeng Treetop Adventure Park''.

  Kalau anda melancongan ke Semarang, kemudian menuju ke sepuran Kopeng, Getasan. untuk info penginapan anda bisa menggunakan jasa akomodasi dari Wisma Kopeng ini.


Lensa Pelancong,
Wisma Kopeng

Wisma Guci Tegal

Wisma Guci Tegal
Wisma Guci, panoramia.com

Wisma Guci terletak di wana wisata Guci kota Slawi sekitar 30 Km atau dari Kota Tegal berjarak tempuh sekitar 40 Km ke arah selatan. Di tempat wana wisata ini telah tersedia berbagai macam fasilitas seperti, kolam renang, resto dan bumi perkemahan. Serta tidak kalah menarik adalah obyek wisata air terjun Guci
(Curug Guci )

   Sahabat Pelancong, ada yang pernah melancong ke Wisma Guci ? kalau belum pernah kapan-kapan anda perlu mencoba buat kesana, kalau sudah apa kesanmu tentang Wisma Guci, sebagai wahana wisata Kota Slawi Kota Tegal ?.

 Nah, untuk kapasitas wisma 4 kamar dan 3 kamar dengan fasilitas Queen bed, Sower, air panas. Wifi dengan standar pada umumnya.



Lensa Pelancong
Wisma Guci Tegal

Vanaprastha Gedong Songo Park

Vanaprastha Gedong Songo Park


Vanaprastha Gedong Songo, wisatasemarang.com


Vanaprastha Gedong Songo Park adalah Kompleks Candi Gedong Songo yang masih alami dan berada pada ketinggian 1200 meter di atas permukaan laut yang bernuansa alam, dengan udara yang sejuk dan segar.
 
 Komplek Vanaprastha Gedongsongo Park ini terletak di lokasi wisata Candi Gedong Songo yang terletak di lereng Gunung Ungaran Kabupaten Semarang, memiliki bio energi terbaik di Asia.

  Lokasi Vanaprsatha Gedong Songo berada pada jarak sekitar 15 Km dari kota Kabupaten Semarang. Vanaprsatha menawarkan fasilitas cotage, gazebo, plaza, open stage tempat dan lain-lain.


Info terkait Vanprastha Gedong Songo Park :

Perum Perhutani Unit 1
Jl. K.H. Ahmad Dahlan No. 45 Semarang 50136 Indonesia
Telepone 62-24-8319007



Lensa Pelancong,
Wisata Alam, Perum Perhutani Semarang



Nasi Goreng Magelangan, Kuliner Khas Magelang

Nasi Goreng Magelangan, Kuliner Khas Magelang
Wisata Kuliner Magelang,  Lensa Pelancong


Ada yang pernah dengar Nasi Goreng Magelangan ?. Kalau anda hobi wisata, jalan-jalan atau melancongan terlebih ke Magelang, anda barangkali akan tahu yang namanya Nasi Goreng Magelangan.

  Sepintas kami kaget, ketika tadi malam (16/7/2013) di sebuah tempat makan yang bernama '' Pondok Dhahar Kuliner Nusantara'' yang ada di Jl. Badrawati Borobudur. Tiba-tiba saja rekan kami, Pak Rohmat, memanggil penjual dan mengatakan ''Magelangan 2 porsi ya mas'', nah seketika di benak kami Lensa Pelancong sempat memikirkan suatu perbincangan di Timeline Twitter @Seputar_Mgl yang mengatakan bahwasanya Magelang punya Kuliner yang khas.

  Serasa sungguh ber-wisata kuliner di Magelang membuat kami terkesan, emang terkesan simple dan unik kalau bahwasanya Nasi Goreng Magelangan memang tak beda dengan Nasi Goreng yang lain. Lalu kenapa Kuliner khas Magelang yang satu ini diberi nama Nasi Goreng Magelangan ?

  Jawabannya, Nasi Goreng Magelangan itu nasi goreng dengan campuran bakmi, nah itu dia ang dinamakan dengan nasi Goreng Magelangan. Asal kawan-kawan tahu, kalau Nasi Goreng Magelangan di Pondok Selera Kuliner Nusantara Borobudur ini mempunyai rasa yang lumayan enak. Anda tahu Pak Bondan Winarno, Wisata Kuliner Trans TV ?

  Nah, dia juga pernah melancongan ke Borobudur hanya untuk mencoba kuliner Borobudur, Magelang. Tapi kayaknya pas beliau Melancongan ke sini, dia nyoba yang namanya Sate Jamur dan pada kahirnya lensa-lensa kamera telah menjebretnya dan dijadikan kenangan buat Pondok Selera Kluiner Nusnatara ini.



Posted by : Admin
Nasi Goreng Magelangan, Wisata Kuliner

Letak / Lokasi Telaga Warna Dieng

Letak / Lokasi Telaga Warna Dieng
Info Letak & Lokasi Wisata




Telaga Warna terletak itu terletak di Jawa Tengah. Lokasi secara Persis Telaga Warna adalah masuk di wilayah Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Indonesia. Untuk mencapai ke lokasi ini anda perlu tahu info terkait dengan peta Wonosobo. ( Google Map, Wonosobo )

  Untuk mencapai kesana, berdasarkan sumber (paketwisatadieng.com), awal anda masuk ke dataran Tinggi Dieng, anda akan menjumpai pertigaan, kemudian anda bisa memilih jalur kanan untuk menuju ke arah Dieng Kulon dan kemudian belok kanan maka anda akan menemukan Dieng Wetan.

  Lokasi Telaga Warna Dieng terletak pada ketinggian 2000 meter di atas permukaan laut dan tersembunyi di antara barisan bukit-bukit.



Info for Letak / Lokasi Telaga Warna Dieng
Posted by : Admin,   Lensa Pelancong
rudysalam18.blogspot.com

Letak / Lokasi Wisata Bahari Lamongan ( WBL )

Letak / Lokasi Wisata Bahari Lamongan ( WBL )
info for letak lokasi wisata






Wisata Bahari Lamongan atau kita kenal WBL terletak di pesisir pantai utara Pantai Jawa. Lebih tepatnya WBL berlokasikan di Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, Indonesia. Info ( wisata bahari lamongan ) WBL.

 Obyek wisata bahari ini berada di jalur pantura yakni Surabaya - Tuban. Serta berada di dekat sejumlah obyek wisata andalan di Jawa Timur Seperti Gua Maharani, Museum Derajat. Sekitar 6 Km ke arah barat ada Perikanan Nusantara di Brondong, Jawa Timur.


post of Letak / Lokasi Wisata Bahari Lamongan ( WBL )
Lensa Pelancong
rosarosianti.blogspot.com, foto


Letak / Lokasi Bukit Punthuk Setumbu

Letak / Lokasi Bukit Punthuk Setumbu
Punthuk Setumbu, Wisata Magelang
Fb page : Punthuk Setumbu Nirwana Sunrise ( foto )







Bukit Punthuk Setumbu terletak di sebelah barat Candi Borobudur dengan jarak dari Borobudur sekitar 2-4 Km an. Lebih tepatnya, Bukit Punthuk setumbu berlokasikan di Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Indonesia.

  Letak Bukit Punthuk Setumbu berdasarkan kordinat GPS ( bisa cek di Google ) adalah S7'36'25.5''E110'10'39''. Bukit Punthuk Setumbu bisa diakses melalui jalur masuk dari Desa Brongsongan, atau jalur melalui desa Bumisegoro, Borobudur.




Post of Letak / Lokasi Bukit Punthuk Setumbu
Lensa Pelancong

Letak / Lokasi Candi Prambanan

Letak / Lokasi Candi Prambanan
Letak / Lokasi Candi Prambanan
Posted by : Admin ,  Lensa Pelancong





Candi Prambanan terletak di desa Prambanan, Pulau Jawa, Kurang lebihnya jarak dengan Yogyakarta adalah sekitar 20 Km ke arah timur dan 40 Km Barat Surakarta  dan bisa juga berlokasikan 120 Km dari Kota Semarang.

  Candi Prambanan mempunyai lokasi yang unik, yakni terletak di antara dua perbatasan yakni Daerah Istimewa Yogyakarta dan Provinsi Jawa Tengah. Candi Prambanan sendiri sering terkadang bisa disebut Candi Rara Jonggrang dan terletak di desa Prambanan dan berwilayah di Sleman dan Klaten. ( Versi Wikipedia )




Post of Letak / Lokasi Candi Prambanan


Butuh Jasa Rental Mobil ke Prambanan 
Kunjungi Web Rental Mobil Prambanan


Letak / Lokasi Dieng ( Dataran Tinggi Dieng )

Letak / Lokasi Dieng ( Dataran Tinggi Dieng )
Letak / Lokasi Dieng ( Dataran Tinggi Dieng )
Posted by : Admin,    Lensa Pelancong



Dataran Tinggi Dieng Terletak di Jawa Tengah. Lebih spesifik, Dataran Tinggi Dieng ber-lokasikan di kawasan 2 kabupaten yaitu Kabupaten Pekalongan, Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo dan untuk pengelolaan dari objek Wisata Dieng sendiri dilakukan oleh 2 Kabupaten ( Wonosobo & Banjarnegara ).

  Dataran Tinggi Dieng terletak pada ketinggian 2.093 m di atas permukaan laut ( versi, banjarnegarakab.go.id ) atau pada ketinggian 2000 m ( versi, geografi.unsil.ac.id ) dan dengan mempunyai suhu rata-rata 150 derajat celcius.




Post of Letak / Lokasi Dieng ( Dataran Tinggi Dieng )

Powered by Blogger.

About Me

My photo

menukik bagaikan elang turun di lembah neraka menemani malaikat maut yang siap menjemput